Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini

Semuel Rebo : Program TJPS Mengubah Pola Pertanian TIDAK Lazim

CitraNews

Dia berharap petani NTT harus menghindari cara pandang pesimistis. Para petani harus optimis bahwa program TJPS akan mampu meningkatkan pendapatan keluarga. Karena diterapkan pada semua musim. Kalau untuk ketersediaan air, ada kolaborasi antarsektor. Para petani hanya focus kerja pada lahan-lahan yang menjadi sasaran program.

Rebo juga memastikan OPD (organisasi perangkat daerah) terkait akan bersinergis dan berkolaborasi mensukseskan programTJPS. Diantaranya, Dinas Pertanian, Dinas Peternakan,  Dinas PUPR, dan Dinas ESDM dan beberapa sector lainnya. Misalkan untuk pengolahan lahan dan penyediaan bibit/benih oleh Dinas Pertanian. Sedangkan membangun jebakan air dan irigasi oleh Dinas PUPR. Sementara  Dinas ESDM membantunya  dengan sumur bor.

Ir. SEMUEL Rebo, M.Si dan LUCKY F. Koli. Doc. marthen radja/citra-news.com

Pada kesempatan terpisah, Kepala Dinas Pertanian Provinsi NTT, LUCKY F.Koli  mengatakan, adanya program TJPS ini Pemprov NTT punya strategi-strategi dalam membantu petani. Saat ini, demikian Lucky, ada teknologi tepat guna untuk mendongkrak air ke dataran dengan ketinggian tertentu. Teknologi ini kita terapkan di dataran Besipae Kabupaten TTS.Dimana air dari kali Noelmina yang berjarak sekitar 4-5 kilometer dengan lokasi sasaran akan bisa dipompa naik ke lokasi TJPS Besipae.

Baca Juga :  Jemmy : BENAR, Ada Oknum Siswi HAMIL Saat UAS
Baca Juga :  Masyarakat Pesisir Membutuhkan Pendampingan Intensif

“Teknologi pompanisasi yang sama ini diterapkan di Kabupaten Sumba Tengah. Kita berharap TJPS Besipae bisa berhasil mendongkrak air dari kali Noelmina. Juga kita manfaatkan kembali cekdam/embung yang ada agar bisa mensuplay air untuk tanaman jagung pasca musim hujan. Ini mengingat letak Besipae diatas ketinggian,”kata Lucky.