Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini

Gerakan TJPS Antara TANTANGAN dan HARAPAN (Seri-2)

CitraNews

”Berbicara soal pakan ternak maka gerakan TJPS adalah solusinya. Kebutuhan akan pakan ternak itu bisa menjawabi tantangan soal pakan ternak. Makanya saya mengajak dinas peternakan meri kita kolaborasi kegiatan. Mari kita bergandengan tangan, mau iya silahkan, tidak mau juga tidak apa-apa. Karena itu hak otonom dinas dalam mengelaborasi progam kegiatan,”tandasnya.

Desa Model dan Metoda Cross Cutting Lokasi Pengembangan Jagung

Lucky menjelaskan, sebagai pilot project gerakan TJPS pada tahun 2020 telah dilakukan pengembangan tanaman jagung di beberapa spot. Sedikitnya sekitar 4000-an HA kita kembangkan pada akhir musim hujan di musim tanam (MT) kedua.

Baca Juga :  UNIK, Dinas LHK TTU Bangun RUMAH Diatas POHON

“Dari luasan tersebut, salah satu lokasinya di Kabupaten Kupang. Tepatnya di Poto Desa Fatukanutu Barat, yang sedianya dipanen bapak Gubernur Viktor Bungtlu Laiskodat. Meskipun itu lahan marginal tapi hasil jagung sangat menggembirakan,”ucap Lucky.

Petani di Pulau Sumba mendulang rupiah setelah menjual hasil jagung diatas lahan uji coba gerakan TJPS tahun 2020. Doc. marthen radja/citra-news.com/distanbunntt    

Menjawab soal  identifikasi lahan sasaran TJPS, Kadis Lucky mengatakan pihaknya melakukan cross cutting lokasi. Maksudnya, pada lokasi lahan marginal yang keterseduaan airnya bisa kita akali. Seperti lokasi yang berada di kawasan irigasi namun karena debet air terbatas sehingga tidak dialiri air.

Baca Juga :  JURNALISTIK dan Organisasi PROFESI (Bagian 2- Habis)

“Menghadapi hal menantang seperti gerakan TJPS ini kita harus punya inovasi-inovas untuk bisa meng-create-nya.  Beberapa strategi diantaranya, mengoptimalisasi lahan-lahan yang berada pada catchmen area aliran sungai. Berikut, mengoptimalisasi lahan-lahan di daerah irigasi. Dan mengoptimalisasi dan memanfatkan lahan menggunakan sistem pompanisasi. Artinya melalui sumur bor air kita manfaatkan  untuk mengaliri lahan jagung yang ada,”jelas Lucky.

Baca Juga :  SULAMANDA, Sudah Lama Aku Menanti Anda

Dalam program aksi tahun 2020, kita lakukan uji coba (pilot project) di lahan TJPS seluas 1.700 HA dari target 40.000 HA di anggaran murni tahun 2021. Dengan metoda cross cutting lokasi kita lakukan penanaman jagung. Lokasi sasaran pilot project-nya di semua desa termasuk desa-desa  model, baik di Kabupaten Sumba Tengah dan Kabupaten Kupang. Juga di beberapa kabupaten lainnya di NTT. (bersambung). +++ marthen/citra-news.com