DANDIM Belu dan YONIF 744 ‘Gowes Sepeda’ Panen ANGGUR

Letkol Inf. WIJI Untoro berucap terima kasih kepada Serka DUARTE Ximenes atas keberhasilannya menanam anggur hingga berbuah lebat dan dipanen. Dia berharap agar ke depan Babinsa yang lain juga ikut mengembangkan kebun anggur di desa binaannya masing-masing.

Citra-News.Com, ATAMBUA – MENDAYUNG sepeda sejauh  20 kilometer hanya untuk memanen anggur, tidak semua orang bisa melakukan hal itu. Peristiwa langka namun mengasyikan itu dlakukan Komandan Distrik Militer (Dandim) 1605 Belu, Letkol Inf. WIJI Untoro bersama Satgas Pamtas RI-RDTL, YONIF RK 744/SYB, pada Sabtu 21 November 2020.

Olah raga unik akhir pekan dengan menggowes sepeda untuk melakukan panen raya buah anggur adalah tujuannya, demikian Letkol Wiji.

Menurut dia, tujuan akhir dari olahraga bersepeda (gowes sepeda, red) adalah melaksanakan panen anggur milik Babinsa Silawan 07/Wedomu, Serka DUARTE do Santos Ximenes di kebun anggur Dusun Aisik, Desa Silawan Kecamatan Tasifeto Timur Kabupaten Belu.

Panen anggur dilakukan  adalah jenis Ching Shiang asal dari Thailand diatas lahan seluas setengah hektar (0,5 HA). Sang pemiliknya berpangkat Serka dan bernama lengkap DUARTE do Santos Ximenes.

“Serka Duarte adalah Babinsa sekaligus Ketua Kelompok budidaya dan pengembangan tanaman buah anggur jenis Ching Shiang. Bergelut dengan tanaman buah anggur ini ia lakukan secara serius. Sehingga kali ini merupakan panenan yang ketiga kalinya untuk tahun 2020 ini,”ungkap Letkol Wiji.

Sembari menambahkan, budidaya dan pengembangan tanaman pertanian dan hortikultura yang dilakukan  Markas Komando Disktrik Militer (Makodim) 1605 Belu adalah wujud dari kepedulian TNI AD mendukung program pemerintah.

“Kita juga mendukung program pemerintrah berupa ketahanan pangan dan mewujudkan masyarakat perbatasan Indonesia Timor Leste yang lebih sejahtera,”tambah Letkol Wiji.

Diketahui, panen anggur di Desa Silawan dilakukan  Dandim 1605 Belu bersama Satgas Pamtas RI-RDTL Yonis RK 744/SYB. Saat kegiatan panen Dandim Wiji juga menggandeng tokoh masyarakat Desa Siwalan.

Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Yonif RK 744/SYB, Letkol Inf. ALFAT Denny Andrian dalam release press-nya yang diterima awak media Portal Berita citra-news.com, Alfat menulis bahwa acara Gowes sepeda yang digelar Kodim 1605 Belu tersebut menempuh perjalanan sejauh 20 kilometetr. Dengan titik star mulai dari Makodim 1605 Belu menuju Dusun Aisik Desa Silawan.

Melalui jalanan dengan medan bervariasi berupa tanjakan perbukitan kapur hingga turunan curam serta tikungan tajam nan mendebarkan, rombongan gowes menikmatinya hingga tuntas. Pasalnya, peserta gowes dilengkapi dengan asesoris seperti laiknya atlit bersepeda yang disediakan jajaran Kipur 1 Satgas pamtas RI-RDTL Sektor Timur.  Yakni Pos Solore, Pos Silawan, dan Pos Damar serta personel Kodim dan Koramil setempat.

 

Dandim1605 Belu, Letkol Inf. WIJI Untoro menikmati buah anggur usai melakukan panen di kebun Anggur milik Serka Duarte do Santos Ximenes di Desa Silawan Kecamatan Tasifeto Timur Kabupaten Belu-NTT Indonesia,Sabtu 21 November 2020. Doc. Letda Chk KADEK Dwi Muliantara, SH/marthen radja/citra-news.com

Kegiatan olahraga bersepeda yang sangat produktif ala Kodim 1605 Belu bersama Satgas Pamtas RI-RDTL Yonis RK 744/SYB ini memberikan edukasi bagi warga masyarakat sekitar. Sekaligus juga menanamkan sikap patriotisme (rasa kebangsaaan dan cinta tanah air, red)

Alfat menulis, sebelum memanen kegiatan terlebih dahulu diawali dengan penanaman anakan anggur secara simbolis oleh Dandim Wiji didampingi Kepala Desa Silawan, Ketua PSHT, Wadan satgas Yonif RK 744/SYB serta Ketua Persit KCK Dim Belu. Loksi penanaman anggur secara simbolis tersebut terletak di Desa Silawan Kecamatan Tasifeto Timur Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Indonesia.

Sementara panen anggur milik personel Kodim 1605/Belu ditandai dengan pemetikan buah anggur bersama ketua Persit, Ny.Wiji Untoro. Kemudian diikuti oleh pemilik kebun anggur atas nama Serka DUARTE do Santos Ximenes serta wwrga masyarakat. Juga turut memanen yalni Wadan Satgas Pamtas RI-RDTL Yomis RK 744/SYB Kapten Inf. SATRIYO Pinandito dan personil TNI AD lainnya.

Kabupaten Belu Miliki Keunggulan Komparatif

Dandim Belu, Letkol Inf. WIJI Untoro dalam sambutannya mengatakan, tanaman anggur memiliki potensi yang luar biasa di wilayah perbatasan Kabupaten Belu. Bila dikolaborasikan dengan potensi yang dimiliki Desa Silawan maka akan menjadi satu kekuatan pangan daerah. Karena desa-desa di wilayah perbatasan Kabupaten Belu umumnya sangat potensial dan memiliki keunggulan komparatif. Selain tanaman pertanian dan perkebungan juga tanaman holtikultura (sayuran dan buah-buahan,red) bisa dikembangkan.

Jika pengembangan pertaniannya adalah anggur maka bisa diikuti dengan tanaman buah lainnya seperti klengkeng, markisa, apel, dan lain-lainnya.

 Sementara Serka DUARTE pun berucap terima kasih kepada Dandim WIJI dan Satgas Pamtas YONIF RK 744/SBY. “Atas nama warga Desa Silawan saya menyampaikan terima kasih kepada Dandim 1605/Belu dimana bersama Satgas Pamtas YONIF RK 744/SBY, telah mengambil bagian dalam panen anggur perdana ini. Semoga kerjasama ini terus berlanjut dan bermanfaar bagi warga desa Silawan,”ucap Serka Duarte.

Kegiatan panen anggur ini delain dihadiri Dandim  1605/Belu dan pemilik kebun anggur yakni Serka Duarte. Juga turut hadir Danramil 01; Danramil 02; Wadansatgas; Pasi Intel Satgas; Pasiops Satgas; Dankipur 1; Danpos Silawan; Danpos Damar; Pakum Satgas. Sementara dari tokoh agama dan tokoh masyarakat, diantaranya, Mgr. DOMINIKUS Saku, Pr. Pemuka agama dari Paroki Sta.Stelamaris, aparat desda Silawan, dan Sersonil Satgas Pamtas YONIF RK 744/SYB selaku pendukung kegiatan. +++ marthen/citra-news.com

Sumber : Pakum Satkas Pamtas RI-RDTL YONIF RK 744/SYB, Letda Chk KADEK Dwi Muliantara, SH

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *