Peran Ganda TNI di Perbatasan NKRI-RDTL

Latihan PBB oleh anggota TNI Pos Lookeu bagi anak SD Lookeu di Kecamatan Tasifeto Barat kabupaten Belu Provinsi NTT. Doc. Letda Chk. Kadek D. Muliantara, SH/ marthen rada/citra-news.com

Hampir pasti masa pandemi COVID-19 pelaksanaan pendidikan di tanah air mengalami kondisi yang serba tidak menentu. Cita-cita menuju Indonesia Cerdas akan pupus jika wabah Covid -19 terus mendera. Solusinya?

Citra-News.Com, ATAMBUA – MENGISI kevakuman pelaksanaan tatap muka kegiatan belajar mengajar di sekolah semua sekolah diwajibkan negara melaksanakan belajar di rumah (BDR). Semua tingkatan pendidikan melayani pendidikan melalui sistem belajar Dalam Jaringan (Daring) dan Luar Jaringan (Luring).

Akan tetapi dua model pembelajaran ini dipastikan tidak optimal dilaksanakan oleh akibat terbentur beberapa kendala internmal. Dengan kondisi geografis di tanah air yang berpulau-pulau menjadikan fasilitas pendukung seperti jaringan internet dan juga jaringan listrik pun terbatas.

Menjawab tantangan yang ada TNI di perbatasan negara antara NKRI dengan RDTL, harus berperan ganda. Selain berperan utama sebagai pasukan pengamanan wilayah teritorial juga melebur diri (manunggal, red) ke tengah masyarakat dengan aneka kegiatan. Salah satui diantaranya adalah menjadi tenaga pendidik (guru) bagi anak sekolah dasar di desa-desa pendalaman di wilayah Timor Barat Indonesia.

Pakum Satgas Pamtas RI-RDTL YONIF RK 74/SYB, Letda Chk. KADEK Dwi Muliantara, SH dalam siaran pers yang diterima Portal Berita citra-news.com, Rabu 25 November 2020, dia menulis,  Personil TNI Pos Lookeu di Kabupaten Belu Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) melaksanakan perbantuan tenaga pendidik di daerah perbatasan RI-RDTL. Tepatnya di SD Inpres Lookeu Desa Lookeu Kecamatan Tasifeto Barat kabupaten Belum, NTT Indonesia.

Dansatgas YONIF RK 744/SYB Letkol Inf. ALFAT Denny Andrian menyampaikan bahwa guru adalah sosok pahlawan tanpa tanda jasa yang mempunyai pengaruh kuat dalam menentukan masa depan bangsa Indonesia. Di tengah perjuangan mereka banyak sekali pengalaman baik suka maupun duka selama menjalani profesi yang mulia tersebut.

Suasana penuh keakraban antara ‘guru’ anggota TNI Pos Lookeu dan anak SD Lookeu di Kecamatan Tasifeto Barat kabupaten Belu Provinsi NTT. Doc. Letda Chk. Kadek D. Muliantara, SH/ marthen rada/citra-news.com

Letkol Denny membeberkan, dalam memperingati Hari Guru Nasional  anggota TNI di perbatasan RI-RDTL kembali mendedikasikan dirinya sebagai tenaga pendidik di sekolah dasar.daerah perbatasan. Ini sebagai wujud atas rasa bangga terhadap kinerja guru di negara kita dalam usahanya mencerdaskan anak bangsa.

“Yang kita lakukan ini adalah untuk mengangkat derajat pendidikan anak bangsa di wilayah perbatasan RI-RDTL. Bahwa menghadapi kondisi pandemi Covid-19 impian guru untuk meningkatkan mutu pendidikan di tanah air harus kita wujudkan bersama. TNI berperan sebagai tenaga pendidik di wilayah Timor Barat NKRI ini sebagai wujud rasa bangga terhadap kinerja guru-guru di negara kita,”tegas Letkol Denny.

Adapun materi sebagai bahan ajar dalam memperingati Hari Guru oleh anggota TNI dari satuan YONIF RK 744/SYB di SD Lookeu, antara lain tentang pelatihan baris berbaris atau PBB. Hal ini dipimpin langsung oleh Danpos Lookeu Serka ATHOP Wichaksono beserta 4 orang anggota TNI dari Pos Lookeu. Jumlah peserta PBB sebanyak 68 orang dari kelas 1-VI SD Lookeu.

Terhadap kegiatan pelatihan PBB tersebut Wali Kelas VI SDI Lookeu, JOANITA Frreria Mau, S.Pd berucap terima kasih atas bantuan yang diberikan personil TNI Pos Lookeu.

“Terima kasih banyak sekaligus bangga atas bantuan pelatihan PBB dari TNI personel Lookeu. Apalagi kegiatan ini dilakuka bertepatan dengan peringatan Hari Guru Nasional,”ucap Ferreira.

Secara terpisah, Danpos Lookeu, Serka Arthop Wicaksono  menyatakan, semoga di hari guru ini bisa mendongkrak semangat para pahlawan pendidikan di tanah air. Dan semoga pendidikan kita lebih bermutu dalam kerangkja mencerdaskan bangsa. +++ citra-news.com

Sumber : Letda Chk. Kadek Dwi Muliantaram SH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *