Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini
Polkam  

DESA/Kelurahan Model TOLAK PMT Pangan INSTAN

CitraNews

Menurut Viktor, menu makanan yang dimasak dalam kegiatan PMT di 22 desa/kelurahan, kandungan gizinya sama. Tapi jenis pangannya berbeda, tergantung bahan pangan yang tersedia di desa/kelurahan tersebut.

“Selain itu, bahan makanan yang dipilih untuk dimasak adalah bahan makanan yang segar. Jadi ada karbohidrat dan sayur serta protein seperti: nasi, sayur,daging ayam kampung, ikan, telur ayam kampung dan lain-lain,” jelas dia.

PMT Bukan Instan Perlu Direplikasi

Pada kesempatan terpisah Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi NTT, Julie Sutrisno Laiskodat menyebutkan pihaknya memiliki 16 inovasi.

Baca Juga :  Si Hitam ‘Fortuner’ Terbakar Mobnas DH 5

“Untuk program Desa/Kelurahan Model di Provinsi NTT, kami mempunyai 16 inovasi. Salah satunya adalah PMT berbasis pangan lokal,” kata Julie usai rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi IV dan Komisi II DPRD Provinai NTT, Rabu 04 Agustus 2021.

Menurut bunda Julie-demikian ia disapa, pelaksanaan kegiatan PMT Desa/Kelurahan Model ini, Dinas PMD NTT bekerja sama dengan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) desa/ kelurahan setempat.

Baca Juga :  Tekad BPKP NTT Terus Mengawal Akuntabilitas Keuangan dan Pembangunan

Senada dengan Kadis Viktor Manek, sasaran PMT yakni kepada Bumil, Busui, Balita, anak PAUD/TK, dan anak SD.

Kepada para penerima manfaat ini, setiap hari dikasih sarapan bersama dengan 4 sehat 5 sempurna pangan lokal yang diracik bahan-bahan nya oleh ahli gizi dan diolah sendiri. Jadi bukan makanan siap saji atau makanan instan

Kita di NTT inikan punya potensi pangan lokal yang luar biasa beragam. Kata dia, ada kelor, ikan, sayuran, buah-buahan, telur ayam kampung, daging, dan lainnya. Pangan lokal ini kita manfaatkan untuk mencegah stunting dan gizi buruk.

Baca Juga :  PMKRI Terpanggil Urus KEMANUSIAAN Bukan Untuk PENCITRAAN

AFRO Making produsen ayam kampung KUB di Desa Baumata Timur Kabupaten Kupang Provinsi NTT. Doc. marthen radja/citra-news.com

“Masa Bumil dikasih makan biskuit sampai melahirkan, menyusui, dan seterusnya. Makanan instan kayak gitu nggak ada di PKK Desa Model. Yang kita punya itu pangan lokal dimasak sendiri oleh tim PKK dan dikasih untuk penerima manfaat,” ungkap bunda Julie.