Aplikasi AGREE Bank NTT Tumbuhkan Kesejahteraan PETANI

HARRY Alexander Riwu Kaho, Dirut Bank NTT. Doc.citra-news.com/humas bankntt

Alex : “Aplikasi Agree bertujuan untuk memudahkan Petani Mengakses Modal…”

Citra-News.Com, KUPANG – NTT BANGKIT Menuju Sejahtera yang menjadi Visi pembangunan NTT, dalam lima tahun berjalan mulai tampak di semua sektor.

Sebut saja di sektor pertanian, ia tidak sendirian bekerja. Intervensi dari pelbagai stakeholder bergerak seirama mulai dari hulu hingga hiliir.

Bank NTT mengambil peran mendampingi petani dari hulu hingga hilir dengan permodalan. Sasarannya lebih kepada kelompok UMKM (usaha mikro kecil dan menengah).

Ditengarai. dalam menumbuhkan perekonimuan masyarajat,  inovasi Bank NTT tiada henti. Aplikasi AGREE adalah salah satu bagian dari inovasi cerdas Bank NTT. Selain sebelumnya meluncurkan aplikasi GO NTT. Dan dalam kaitannys dengan kemudahan bertransaksi Bank NTT meluncurksn QRIS (Quick Responsive Indonesian Srandart)

Terkait aplikasi AGREE, Direktur Utama Bank NTT, HARRY Alexander Riwu Kaho menyatakan, Bank NTT siap membantu meningkatkan kualitas hidup para pelaku ekosistem pertanian di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

8

Dikatakannya, dalam upaya peningkatan ekonomi petani Bank NTT terus berinovasi menghadirkan sejumlah platfrom digital, demi memudahkan akses layanan bagi masyarakat. AGREE adalah bentuk aplikasi digital dimaksud.

“Untuk mewujudkan misi menjadi bank devisa, Bank NTT secara konsisten menghadirkan inovasi berbasis digital, sesuai perkembangan tren di kalangan masyarakat, yang kini beralih ke platfrom digital dalam aktivitas sehari-hari,” kata Alex di Kupang, Senin 30 Agustus 2021.

Melalui aplikasi Agree, lanjut dia, akan memudahkan para petani NTT mendapatkan bantuan permodalan dari Bank NTT.

Selaku lembaga jasa keuangan, Bank NTT mendukung petani untuk memiliki pembeli yang pasti, serta subsidi penunjang sektor pertanian, tandasnya.

Alex menjelaskan, aplikas Agree baru saja diperkenalakan kepada sejumlah petani di Pulau Semau. Tepatnya kelompok tani di Desa Naikean, Kecamatan Semau Selatan, Kabupaten Kupang, Provinsi NTT.

Dengan aplikasi Agree, Bank NTT siap melakukan pendampingan kepada para petani yang ahli di bidang pertanian, petugas lapangan, dan perusahan sebagai pembeli atau offtaker.

Selain itu, tegas Alex, aplikasi Agree akan memudahkan para petani untuk mendapatkan bantuan permodalan dari Bank NTT, selaku lembaga jasa keuangan.

“Bank NTT mendukung petani untuk memiliki pembeli yang pasti, serta subsidi penunjang sektor pertanian,” kata Alex.

Portal berita citra-news.com mengutip video streaming peluncuran aplikasi Agree Bank NTT baru-baru ini di Pulau Semau Kabupaten Kupang,menggayung fakta kalau para kelompok tani di Desa Naikean khususnya menyambut inovasi Bsnk NTT ini dengan rasa sukacita.

Domimundus S. Suku, seorang petani bawang merah di Desa Naikean menyampaikan terima kasih kepada Bank NTT. Karena telah membantu dan memfasilitasi para petani bawang merah melalui penggunaan platform digital aplikasi Agree.

“Terima kasih Bank NTT, terima kasih Agree, yang sudah membantu ekosistem pertanian bawang merah di desa kami dari hulu ke hilir. Mulai dari proses pengolahan lahan, panen, hingga pemasaran,” ungkap Domi.

Menurit Domi, aplikasi Agree baik bagi kami untuk terus maju dan berkembang menjadi petani-petani yang sejahtera.

Gapai Kesejahteraan di Tengah Pandemi Covid19

Kepala Desa Naikean, Sefanya Patola, menyampaikan apresiasi kepada Bank NTT. Karena telah menjadi salah satu bank pelopor penggerak ekonomi rakyat NTT.

“Bank NTT telah memberikan pelatihan dan edukasi pemanfaatan layanan digitalisasi untuk komoditi bawang merah bagi masyarakat kami di Desa Naikean,” ungkapnya.

Peluncuran aplikasi Agree Bank NTT / Foto: Screen shoot video peluncuran aplikasi Agree

Petani Kelor di Semau terima dana CSR dari Bank NTT saat pengukuhan TPAD NTT, di Pantai Otan Kec.Semau Selatan, Jumat 27 Agustus 2021. Doc citra-news.com/istimewa.

Dia menyebut, aplikasi Agree sangat bermanfaat bagii petani, khususnya petani bawang merah di Kecamatan Semau Selatan.

Karena mengintegrasikan para petani dari hulu ke hilir, sehingga proses penanaman hingga proses panen dan pemasaran dapat terdigitalisasi dengan baik lewat aplikasi Agree.

Di tengah masa pandemi COVID-19, kata dia, para petani justru mendapatkan sebuah kemudahan akses permodalan dari Bank NTT, demi menciptakan satu ekosistem pertanian yang tumbuh dan sejahtera.

“Melalui pemanfaatan layanan digitalisasi ini, para petani lebih muda melakukan penjualan dan pemasaran produk yang tepat sasaran. Terima kasih Bank NTT,” pungkasnya. +++ citra-news.com/humas bankntt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *