Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini

Seribu TIILANGGA Bangkitkan Kesadaran Cinta Warisan BUDAYA Leluhur NTT

CitraNews

Menurut dia, Ny.Julie Sutrisno Laiskodat yang juga istri Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat ini selalu punya terobosan strategis. Dia selalu punya cara untuk menampilkan kekayaan budaya dan pariwisata NTT ke level Nasional bahkan dunia.

Marcelina menjelaskan, pelatihan menganyam topi Ti’ilangga dilakanakan dalam dua tahap. Pertama pada bulan Agustus 2021 dilaksanakan selama selama 6 hari. Dan tahap kedua pada September 2021selama 10 hari. Karena tidak cukup waktu maka para peserta melanjutkan pembuatan topi Ti,i Langga dari rumah masing-masing.

“Dekranasda NTT di bawah kepemimpinan Bunda Julie Sutrisno Laiskodat dan Bunda Maria Fransiska Djogo mempunyai tujuan untuk mendorong generasi muda dan kaum milenial untuk menggeluti kerajinan industri topi Ti’iLangga. Selain itu, mendorong kreativitas kaum muda untuk terus berkarya untuk meningkatkan pendapatan dan produktifitas usaha,” demikian Marcelina di Gedung Dekranasda NTT, Kupang. Jumat 08 Oktober 2021.

Baca Juga :  Nunang : “IJAZAH Ditahan Sejak ALEX Sampai ASA Jadi Kasek”

Lebih lanjut Marcelina mengatakan, kegiatan pelatihan itu memberikan dampak ganda bagi 24 industri kecil produksi makanan dan minuman selama kegiatan berlangsung.

Disisi lain, kata dia, hasil kerajinan pembuatan Ti,i Langga langsung dibeli oleh Dekranasda NTT dan selanjutnya akan dibawa oleh Julie Sutrisno Laiskodat ke Jakarta.

Baca Juga :  Bunda JULIE Laiskodat di MATA Mahasiswa STIKOM Uyelindo Kupang

Ia merincikan, lokasi pelatihan terletak di desa Lalukoen, Desa Daerundale kabupaten Rote Ndao dan dua kelompok di desa Tanah Merah, kabupaten Kupang. Para peserta dilatih oleh instruktur yang berpengalaman di bidang kerajinan pembuatan topi Ti,i Langga.

“Pasca pelatihan, hasil karya 100 anak muda itu kemudian diboyong ke Jakarta oleh Julie Sutrisno Laiskodat. di Jakarta, 1000 topi Ti,i Langga itu dibeli oleh Kemenhan RI, “tandasnya.

Dalam kesempatan pameran di Kemenhan, tampak Julie Sutrisno Laiskodat berfoto bersama Ibu Nanny Hadi Tjahjanto, istri Panglima TNI, Marsekal TNI Dr. HADI Tjahjanto, Hetty Andika Prakasa istri Jendral TNI Andika Perkasa (Kasad TNI), Vero Yudo Margono Istri Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono.

Baca Juga :  INI Hal BARU Dari DEKRANASDA NTT Bikin ADPRD Komisi II TERCENGANG

Selain itu, Inong Fadjar Prasetyo Istri Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Metty M Herindra Istri Wakil Menteri Pertahanan Indonesia Letnan Jenderal TNI Muhammad Herindra, Endang Karya Sumadi Istri Mentri Perhubungan Indonesia Ir. Budi Karya Sumadi. +++ citra-news.com/dekranasdantt