Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini

Seribu TIILANGGA Bangkitkan Kesadaran Cinta Warisan BUDAYA Leluhur NTT

CitraNews

“Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan dalam memproduksi kerajinan industri Ti’i Langga,”kata bunda Julie.

Menurutnya, pelibatan kaum milenal dalam kegiatan pelatihan ini cukup beralasan. Khusus di Pulau Rote dan Kabupaten Kupang, generasi milenial kenyataannya tidak terlalu berminat untuk menggeluti dan mengembangkan produk warisan leluhur Rote Ndao ini.

Alasan lainnya yakni proses pembuatannya cukup rumit. Serta kebdal pemasarannya ketika selesai produksi. Apalagi Ti’i Langga lebih banyak diproduksi hanya untuk kepentingan adat dan acara resmi pemerintah.

Baca Juga :  BERKUALITAS Expor PT MOI Menjadikan KELOR NTT Penyuplai Utama

Sementara di sisi lain pelaku Industri Kecil Menengah pembuat topi Ti’i Langga punya harapan besar agat produk ini bisa menjadi primadona di daerah destinasi pariwisata yang ada di NTT.

Untuk itu peran kaum milenial menjadi daya dongkrak pemajuan budaya daerah guna mewujudkan peningkatan ekonomi dan kesejahteraan rakyat.

Baca Juga :  30 RIBU Anakan KELOR Jadi Pemicu GRH

Bunda Julie Laiskodat menjelaskan, pelatihan 100 generasi milenial itu dalam rangka melestarikan Budaya dengan memberikan keahlian pembuatan 1000 Ti’ilangga Topi khas Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur.

“Pelatihan Wirausaha baru Destinasi wisata super prioritas Labuan Bajo dalam Rangka Melestarikan Budaya dengan memberikan pelatihan pembuatan 1000 Ti’ilangga Topi khas Kabupaten Rote Ndao,” kata Julie yang juga ketua Teritori Pemenangan Pemilu Wilayah Bali NTB NTT DPP Partai Nasdem itu.

Baca Juga :  ROMA’ Ditaburi Nuansa BUDAYA SIKKA

Dari NTT Untuk Nusantata dan Dunia

Penanggung Jawab kegiatan pelatihan Ti’i Langga, Marcelina Kopong mengatakan, Dekranasda NTT yang diketuai Julie Sutrisno Laiskodat memiliki cita-cita besar dalam pengembangan berbagai kerajinan khas NTT. Setelah sukses mengangkat tenun ikat ke level nasional bahkan internasional. Kali ini Ti’i Langga pun akan menjejaki hal serupa.