KETERBUKAAN Informasi Publik PENTING Untuk PEJABAT di Daerah

ICHSAN Arman Pua Upa dan Sekda Nagekeo, LUKAS Mere. Doc. citra-news.com/istimewa

Ichsan : Peran PPID sebagai ujung tombak implementasi dari semangat keterbukaan dan transparansi di daerah.

Citra-News.Com, NAGEKEO – KOMISI Informasi Publik Provinsi Nusa Tenggara Timur (KIP NTT) terus giat melaksanakan Sosialisasi UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Faktanya pada Kamis, 21 Oktober 2021, Komisi Informasi (KI) NTT yang di wakili oleh Wakil Ketua KI NTT, ICHSAN Arman Pua Upa bertemu dgn Pemerintah Kabupaten Nagekeo dan diterima langsung oleh Sekda Kabupaten Nagekeo.

“Dalam pertemuan dengan bapak Sekda Nagekeo pada prinsipnya setuju untuk dilaksanakan Sosialisasi terkait UU Nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan Informasi Publik,”ungkap Ichsan.

Pada pertemuan tersebut,
Ichsan menjelaskan tentang pentingnya keterbukaan informasi publik dan mendorong optimalisasi peran PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) sebagai ujung tombak implementasi dari semangat keterbukaan dan transparansi di daerah.

Pada kesempatan yang sama Ichsan memperkenalkan Tugas dan Fungsi serta Kewenangan Komisi Informasi NTT.

Dia menjelaskan, KIP NTT sebagai lembaga independen dalam Tusi (Tugas dan Fungsi) nya adalah menerima, memeriksa dan memutuskan sengketa informasi antara Publik dan Badan Publik.

Serta memfasilitasi penyelesaian sengketa informasi melalui mediasi dan sidang ajudikasi non litigasi.

“Kami berharap apabila dibutuhkan, Pemkab Nagekeo dapat membentuk Komisi Informasi Kabupaten Nagekeo,”ucap Ichsan

Bak gayung bersambut Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagekeo melalui Sekretaris Daerah (Sekda) LUKAS Mere menyambut baik keberadaan Komisi Informasi NTT.

“Pada prinsipnya Pemkab Nagekeo menerima dan siap memaksimalkan peran dan fungsi PPID sebagai cerminan dari kontrol publik terhadap kinerja pemerintah,” tandasnya.

Ichsan menegaskan, Publik bukan lagi dipandang sebagai objek pembangunan. Akan tetapi sebagai subjek pembangunan terkait kebijakan-kebijakan pemerintah.

Selain bertemu Sekda, Ichsan juga menyambangi kantor Dinas Kominfo Nagekeo dan bertemu Kadis (kepala dinas) serta beberapa Kabid (Kepala Bidang) untuk menjelaskan tentang pentingngya optimalisasi keberadaan PPID Kominfo sebagai PPID Utama.

Dan menjelaskan tentang pemeringkatan badan publik yang akan dilakukan tahun 2022.

Setelah itu, Ichsan juga berkunjung ke BAWASLU Nagekeo untuk melihat langsung PPID yg ada disana dan disambut oleh Komisioner Bawaslu Nagekeo. +++ citra-news.com/tim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.