Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini
Polkam  

IMAN Desa BEA KAKOR Bertekad Wujudkan RESTORASI Ekonomi KERAKYATAN

CitraNews

Para Faskab, lanjut dia, bertugas mendata dan mengidentifikasi serta menganalisa kebutuhan kelompok masyarakat. Yang pasti bahwa ada pembentukan kelompok usaha ekonomi produktif di tiga kabupaten yang ada. Dengan jenis usaha sesuai dengan kebutuhan dan potensi wilayah.

Mantan Penjabat Bupati Malaka ini menambahkan, dari hasil identifikasi Faskab, apakah usaha peternakan, pertanian dan holtikultura. Lalu pihak dinas mengintervensinya dengan bantuan demplot berupa benih atau bibit.

“Tahun 2021 sebagai uji coba kita lakukan di Kabupaten Manggarai, Ngada, dan Kabupaten Sumba Timur. Dengan jumlah lebih kurang 20 desa di setiap kabupaten. Dan didampingi oleh para Fasakab. Pola pemdampingan kepada kelompok usaha ini sampai dengan pemasaran hasil,” tuturnya.

Baca Juga :  Peran Ganda TNI di Perbatasan NKRI-RDTL

Hal senada dipertegas lagi oleh Koordinator Kabupaten (Korkab) Manggarai, Moses J C Radja atau akrab disapa ADHY Radja.

Baca Juga :  Pejabat OPD Diingatkan Berikan Pelayanan JANGAN Cuma OTOT

Menurut Adhy, di Kabupaten Manggarai ada 5 (lima) kecamatan sasaran TEKAD. Adalah Kecamatan Ruteng, Cibal, Satarmese, Satatmese Barat, dan Satarmese Utara. Atau total 20 desa. Dan setiap desa ada satu orang jadi Kader Desa.

“Kami punya personil TEKAD di Kabupaten Manggarai. Ada 5 (lima) orang Faskab plus 2 (dua) orang operator yng standby di Sekretariat TEKAD. Juga ada 8 (delapan) orang selaku Fasilitator kecamatan. Dan para fasilitas kecamatan inilah tugasnya mendampingi kelompok usaha ekonomi produktif di desa,”beber Adhy.

Baca Juga :  FNASDEM Menilai Gubernur VIKTOR Berhasil Melobi PEMPUS Untuk Kelola Bersama TNK

Kolaborasi Dana Desa

Hasil pantauan awak citra-news.com di Kabupeten Manggarai, Kamis 25 November 2021, di Desa Bea Kakor Kecamatan Ruteng, warga desa sangat berantusias menerima program TEKAD.