Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini
Sosbud  

Bunda JULIE Merajut BUDAYA TENUN NTT di Kalangan PELAJAR

CitraNews

Program Tenun Ikat masuk sekolah adalah Pendidikan Vokasi yaitu pendidikan mengacu kepada penguasaan keahlian terapan tertentu.

Mengutip informasi berkenaan dengan pendidikan vokasi tersebut, pada tanggal 01 Desember 2021, bunda Julie Laiskodat
mengunjungi Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri Tobu. Pasalnya, SMA Negeri Tobu merupakan salah satu sekolah di NTT yang sudah menerapkan pendidikan Vokasi. Dan salah satunya adalah program Menenun dan Kewirausahaan.

Saat berkunjung ke SMAN Tobu, Anggota DPR RI dari Fraksi Nasdem ini menyerahkan bantuan alat menenun serta membeli hasil karya tenun ikat yang dikerjakan oleh siswa SMA Negeri Tobu.

Baca Juga :  Kadis Linus TAKUT COPOT Jabatan Kasek Juniaty Simanullang, Ada Apa?

“Bantuan ini sebagai dukungan terhadap pelestarian warisan intelektual leluhur. Selama ini tenun ikat dominan dikerjakan oleh mama-mama di kampung,” kata bunda Julie.

Dijelaskannya, untuk melestarikan tenun ikat perlu dilakukan regenerasi kepada para pelajar pada pendidikan menengah. Dengan menggandeng dinas pendidikan dan kebudayaan provinsi NTT, Dekranasda NTT membuat program pendidikan vokasi tenun ikat di sekolah-sekolah yang berada dibawah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT.

Baca Juga :  Harus Ada RESTORASI Pendidikan di NTT

” Program Tenun masuk sekolah adalah bagaimana mendorong kaum milenial yaitu para pelajar untuk mencintai tenun ikat sebagai warisan leluhur. Ini adalah inovasi Dekranasda NTT bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan kebudayaan provinsi NTT. Selama ini para penenun lebih banyak dikerjakan oleh mama-mama. Dengan program ini menenun bisa diregenerasikan kepada para pelajar,” tuturnya.

Dengan demikian, lanjut Bunda NTT Satu, bahwa menenun bisa lestari sepanjang masa karena sudah masuk dalam kurikulum sekolah sebagai pembelajaran vokasional untuk penguatan kurikulum lokal.

Baca Juga :  HARDIKNAS Kesempatan Para Siswa Unjuk Kebolehan

Bila mengenal lebih dekat tentang Dekranasda NTT, Ny. Julie S. Laiskodat (isteri Gubernur NTT, Viktor Laiskodat) dikenal sebagai Bunda Satu. Sementara Bunda Dua adalah Ny. Merry Jogo (istri Wakil Gubernur NTT, Josef A. Nae Soi) dan Bunda Tiga Ny. Gorety Polo Maing (istri Sekda NTT, Benediktus Polo Maing).