Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini
Sosbud  

Bunda JULIE Merajut BUDAYA TENUN NTT di Kalangan PELAJAR

CitraNews

Gayung Bersambut

Kehadiran bunda Julie di SMAN Tobu juga bertepatan dengan ulang tahun sekolah dan pelantikan pengurus OSIS. Serta panen perdana Ikan Lele. Kehadiran sosok yang akrab disapa Bunda Julie ini memberi energi baru bagi masyarakat setempat, para siswa dan para guru. Turut hadir pada kesempatan itu Asisten II Setda TTS, Camat Tobu serta perangkat desa setempat.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan dan kebudayaan Provinsi NTT (Kabid Dikmen PK NTT), MATHIAS M. Beeh, S.ST., M.Par yang turut mendampingi bunda Julie, dia membeberkan, Program Tenun Masuk Sekolah digagas oleh Julie Laiskodat semenjak tahun 2019.

Baca Juga :  GURU Membuat Orang Jadi ORANG HEBAT

“Program TMS ini bertujuan untuk mengajarkan para pelajar sekolah menengah untuk memiliki keahlian tertentu. Program kolaboratif ini yang kita dorong ketika Bunda Julie merintis bagaimana tenun ikat masuk sekolah. Oleh karena itu selaku dinas teknis kita mendorong lewat surat edaran untuk percepatan masuk kurikulum muatan lokal atau sejenisnya pada tingkatan sekolah menengah atau kejuruan,”kata Mathias.

Baca Juga :  BERBAGI Kasih Ala JERIKO Untuk Anak Yatim Piatu

Lebih lanjut dikataknnya, saat ini sudah berjalan dan sudah terlihat hasilnya tidak hanya di SMK tapi juga di SMA. Hasilnya langsung dibeli oleh bunda Julie sebagai Ketua Dekranasda NTT.

” Jadi Tidak hanya di SMK-SMK saja. Di SMA juga sudah mulai dilakukan proses pembelajaran yang berbasis produk. Ini terobosan yang luar biasa dari bunda Julie. Beliau melihat bahwa kegiatan menenun lebih banyak dilakukan oleh para orang tua. Ibarat gayung bersambut potensi ini ketika didorong mealui dinas pendidikan dalam pembelajaran vokasional, para siswa atau kaum milineal diajak untuk mencintai dan melestarikan warisan intelektual para leluhur,” ungkap Mat Beeh.

Baca Juga :  INI Hal BARU Dari DEKRANASDA NTT Bikin ADPRD Komisi II TERCENGANG

Perhatian bunda Julie diwujudkan salma bentuk bantuan alat tenun, benang dan membeli hasil tenun merupakan apresiasi yang luar biasa atas kerja yang sudah dilakukan oleh para siswa. +++ citra-news.com

Sumber : Elas Jawamara
Editor : marthen radja.