Di Tangan JERIKO Mimpi RUMAH Layak Huni Jadi NYATA

Wali Kota Kupang, Dr. Jefri Riwu Kore menyerahkan kunci rumah yang baru selesai dibedah kepada penerima manfaat atas nama Esau Hanok Loe di RT 28/RW 03, Kelurahan Liliba, Kecamatan Oebobo. Doc. citra-news.com/PKP Setda Kota Kupang.

Mimpi warga miskin atau kepala keluarga kurang mampu secara ekonomi untuk memiliki rumah layak huni itu sudah terwujud. Dream comes true – mimpi itu jadi kenyataan. Bahwa ada 141 unit rumah yang sudah dihuni. Dan bahkan pada tahun anggaran 2022 bertambah 359 unit rumah lagi yang siap dibedah.

Citra News.Com, KUPANG – MENEROPONG JEJAK kepemimpinan Dr. Jefirstson (JEFRI) R. Riwu Kore, MM, MH atau akrab disapa JERIKO – Jefri Riiwu Kore dan dr. Hermanus Man (dokter Herman). perubahan demi perubahan telah nyata dan dirasakan semua warga Kota Kupang.

Seiring berjalannya waktu pembangunan di semua aspek mengalami perubahan yang cukup signifikan. Sebut saja pembangunan fisik rumah layak huni atau program Bedah Rumah untuk warga kurang mampu secara ekonomi.

Program yang langsung menyentuh kebutuhan dasar warga di ibukota Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) ini, praktisnya baru 2 tahun dilaksanakan. Yakni pada 2020 terdapat 40 unit rumah dibangun. Dan pada tahun 2021 ada 64 unit. Dengan demikian, totalnya sebanyak 104 unit rumah dibedah dan atau sudah dihuni oleh104 KK (kepala keluarga) penerima manfaat.

“Masih banyak saudara kita yang rumahnya tidak layak, sehingga program ini akan kami lanjutkan terus. Kami minta dukungan masyarakat dan juga teman-teman DPRD Kota Kupang,” ungkap sang Wali Kota Kupang ini.

Walau telah ada 141 rumah yang dibedah, Jeriko belum mengaku puas. Ia bahkan menginginkan agar lebih banyak warga Kota Kupang keluar dari zona kemiskinan.

Tak tanggung-tanggung pada tahun anggaran 2022, Jeriko menganggarkan sebanyak 359 rumah siap dibedah.

“Ada ratusan rumah milik warga kurang mampu di Kota Kupang masuk dalam program bedah rumah yang dicanangkan Pemerintah Kota Kupang untuk tahun 2022 ini. Totalnya sebanyak 359 rumah,” tuturnya.

Mendaras pada tagline “Ayo Berubah” selaku Wali Kota Kupang ia tidak sekadar lip service  atau NATO – No Action Talk Only. Tapi diwujudkan dengan aksi nyata dengan sebaran rumah dibedah tersebar di 54 kelurahan se-Kota Kupang. Rumah yang tidak layak huni itu benar.nyata berubah. Sehingga tagline inipun layak bergeser menjadi “Ayo Terus Berubah”

Lagi-lagi program Bedah Rumah pun dilanjutkan pada tahun anggaran 2022. Walau masa jabatannya sebagai Wali Kota Kupang tengah berarak menuju titik penghujung namun kecintaannya terhadap warga Kota Kupang terus membara.

Dari sisa paruh waktu masa jabatan Jeriko dan Dokter Herman yang tinggal 6 bulan kw depan namun Jeriko ringan hati untuk menuntaskan program bedah rumah tersebut. Atas restu anggota DPRD jua Pemkot Kupang menggelontorkan lagi bantuan bedah rumah sebanyak 359 unit dari dana APBN dan APBD Kota Kupang.

“Pada tahun anggaran 2022 Pemkot Kupang menggelontorkan bantuan bedah rumah sebanyak 359 unit mengunakan dari APBN dan APBD. Total ini terdiri dari 110 unit rumah yang dibedah menggunakan dana APBD Kota Kupang. Dan ada 249 unit bantuan APBN,” kata Jeriko di Kupang, Rabu 12 Januari 2021.

Bedah rumah pada tahun ini, jelas dia, diambil dari dua sumber pendanaan. pertama, ada dana sharing Pemkot dan pemerintah pusat dikhususkan untuk 249 unit rumah yang tersebar di enam kecamatan. Sedangkan untuk 110 rumah lainnya bersumber dari APBD Kota Kupang.

“Pemerintah pusat alokasikan sekian juta, kita tambah Rp 31 juta jadi sekitar Rp 51 juta. Kita tidak kasi dalam bentuk uang, tapi kita bangun rumah baru,” tandasnya.

Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore yang tepat berusia ke-62 pada Kamis 13.Jnuari 2022 meminta dukungan masyarakat Kota Kupang, untuk terus bersama membangun dalam berbagai aspek. Sehingga Kota Kupang kian maju pada masa mendatang.

Selamat Ulang Tahun Jeriko. Teruslah berkarya demi terwujudnya Kota Kupang yang Layak Huni, Cerdas, Mandiri dan Sejahtera dengan Tatakelola Bebas KKN. Semoga rakyat Kota Kupang khususnya warga penerima manfaat program bedah rumah terketuk hatinyamelambungkan komitmen melanjutkan perubahan yang telah ada untuk masa mendatang. Viva Jeriko …!! +++ marthen/citra-news.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.