JERIKO Pastikan Warga KOTA Segera Nikmati AIR SPAM Kali Dendeng

Dengan kapasitas produksi 150 liter per detik, Air SPAM dari Kali Dendeng mampu suplai kevutuhan air bersih untuk 12 ribu SR (Sambungan Rumah) di wilayah Kota Kupang.

Citra News.Com, KUPANG – DUA SOSOK Pemimpin Kota Kupang, ibukota Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) ini punya seabrek program yang sudah, sedang, dan akan dinikmati warga masyarakat.

Dua sosok pemimpin yang dikenal merakyat itu adalah Dr. Jefirstson (JEFRI) R. Riwu Kore, MM, MH dan dr. HERMANUS Man.

Jeriko – Jefri Riwu Kore dan dokter Herman, demikian dua sosok ini akrab disapa, mereka punya Visi Misi program pembangunan yang sungguh nyata menyentuh kebutuhan rakyat.

Pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kupang ini mempunyai Visi “Terwujudnya Kota Kupang yang Layak Huni, Cerdas, Mandiri, dan Sejahtera dengan Tata Kelola Bebas KKN”.

Sementara Misinya adalah mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang Sehat, Cerdas, Berakhlak, Profesional dan Berdaya Saing (Kupang Sehat-Cerdas); Mengembangkan perekonomian Kota Kupang yang berdaya saing dengan meningkatkan peran swasta (Kupang Makmur); Meningkatkan kesejahteraan sosial dan mengembangkan budaya kota yang tertib, aman, kreatif dan berprestasi dalam menunjang kota jasa (Kupang Bagaya-Berprestasi); Mempersiapkan Kota Kupang menuju Metropolitan berwawasan lingkungan (Kupang Hijau), meningkatkan tata kelola pemerintahan yang bebas KKN dan transparansi pengelolaan keuangan (Kupang Jujur); Serta Membangun Kota Kupang sebagai rumah besar persaudaraan dan kerukunan (Kupang Rukun dan Aman).

Nah, pasangan dengan tagline FIRMAN-mu ini dalam menjalankan semua program untuk mewujudkan visi misi, mereka tidak bekerja sendiri. Kota Kupang sebagai wilayah otonom maka Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang terus bekerja keras mengelaborasi dan berkolaborasi dengan berbagai pihak. Baik pemerintah provinsi NTT maupun pemerintah pusat. Dan alhasil melalui kerja sama yang baik setiap tahun, pembangunan fisik di ibu kota Provinsi NTT ini terus dilakukan untuk dinikmati masyarakat Kota Kupang.

Meskipun tahun 2022 ini adalah akhir dari masa jabatan Firman-mu sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kupang namun kekaryaan mereka sungguh nyata.

Awak portal berita citra-news.com mencatat, selama 4 tahun terakhir sudah banyak pencapaian dan prestasi yang diraih oleh kedua pemimpin ini. Banyak juga pekerjaan dan penataan kota yang dimulai selama periode ini, yang telah mengubah wajah Kota Kupang menjadi jauh lebih indah dan menarik.

Salah satu mega proyek yang menjadi buah tangan kepemimpinan keduanya adalah mega proyek SPAM Kali Dendeng yang sebentar lagi sudah bisa dinikmati warga Kota Kupang.

Pembangunan fisik air SPAM yang direkayasa dengan membendung kali dendeng akan segera mensuplai air bersih bagi warga ibukota.

Tersisa kurang lebih 7 (tujuh) bulan lagi masa jabatan Firman-mu harus kebut menyelesaikan pekerjaan jaringan perpipaan menuju sasaran kosumen.

Acara temu pers yang bertepatan dengan Hari Lahir Jeriko pada 13 Januari atau Hari Ulang Tahun yang ke-62 (13 Januari 1960 alam acara nonton Vlog pembangunan Mega Proyek Air Bersih bersama Wali Kota Kupang dengan awak media di Aula Garuda, Kamis (13/1), memastikan akan mengupayakan agar mega proyek SPAM Kali Dendeng ini sudah bisa dinikmati oleh warga Kota Kupang sebelum masa jabatannya berakhir.

“Saat ini masih ada kendala teknis di lapangan. Karena masih ada warga yang menolak pemasangan jalur pipa di wilayah Mantasi. Namun dipastikannya masalah tersebut dapat diselesaikan dan pekerjaan dapat dilanjutkan,” ungkap Jeriko dalam temu pers bersama awak media di Aula Garuda Balai Kota Kupang, Kamis 13 Januari 2022.

Dikatakannya, proyek air SPAM Kali Dendeng yang mendapat dukungan dana dari pemerintah pusat itu akan memenuhi kebutuhan air dari 12 ribu kepala keluarga di Kota Kupang.

Menurutnya pekerjaan SPAM Kali Dendeng saat ini adalah tahap I dari rencana besar pemenuhan air bersih di Kota Kupang. Dengan kapasitas produksi 150 liter per detik, diharapkan proyek ini akan memenuhi kebutuhan 12 ribu sambungan rumah khususnya warga masyarkat di wilayah bagian barat Kota Kupang.

Di tahap kedua nanti, tambah Jeriko, akan ada pekerjaan untuk pemenuhan air bersih bagi warga Kota Kupang di wilayah lainnya. Pemerintah pusat juga akan memberikan dukungan dana untuk pengelolaan air bersih di Air Sagu Kelurahan Batuplat.

Lampu Hijau’ dari Gubernur Viktor

Selain mendayamanfaatkan Kali Dendeng, kata Jeriko, Gubernur NTT juga telah memberikan lampu hijau (memberikan dukungan, red) untuk pembangunan Bendungan Kolhua.

“Saat ini sedang dalam proses penyesuaian desain. Diharapkan proyek-proyek ini bisa memenuhi kebutuhan air bersih warga Kota Kupang,”ucapnya.

Selain pemenuhan air bersih, Pemkot Kupang juga memberi perhatian serius pada pekerjaan penataan kota seperti pembangunan taman, bundaran dan gerbang masuk yang sudah disetujui pemerintah pusat.

Kolaborasi dan sinergisitas program antara pemerintah pusat, pemerintah provinai, dan Pemkot Kupang maka misi pembangunanKita Kupang dpat berhasilguna.

Wali Kota juga menambahkan dalam waktu dekat akan berkoordinasi dengan Kementerian PUPR tentang rencana pembangunan jembatan kembar Liliba, untuk mengurai kemacetan di jalur tersebut.

Wali Kota Jeriko juga memastikan, di sisa masa jabatannya bersama dokter Herman akan terus mengupayakan program-program yang membantu masyarakat yang tidak beruntung seperti program bedah rumah.

Terkat program Bedah Rumah, bbebr Jeriko, pada tahun 2022 ini ditargetkan akan membedah 359 unit rumah. 249 unit dibangun dengan dukungan Dana Alokasi Khusus Pemerintah Pusat dan 110 unit rumah akan dibedah dengan menggunakan dana APBD Kota Kupang.

“Kami berharap program pro rakyat ini bisa dilanjutkan oleh Penjabat Wali Kota yang akan menggantikannya di Agustus 2022 nanti,” tandasnya.

Sementata Wakil Wali (Wawali) Kota Kupang, dokter. Herman menambahkan, saat ini cakupan pemenuhan air bersih untuk warga Kota Kupang baru 51 persen.

“Dengan tambahan layanan SPAM Kali Dendeng ada peningkatan persentasenya. Target mereka di waktu mendatang dengan pekerjaan-pekerjaan pengelolaan air bersih yang didukung oleh pemerintah pusat ini, 60 hingga 70 warga Kota Kupang bisa dilayani,” tuturnya.

Acara nonton Vlog pembangunan Mega Proyek Air Bersih bersama Wali Kota Kupang tersebut dihadiri pula oleh Sekretaris Daerah, Fahrensy P. Funay, SE, M.Si, Ketua TP PKK Kota Kupang, Ny. Hilda Riwu Kore Manafe, para Asisten Sekda dan sejumlah pimpinan perangkat daerah terkait.  +++ citra-news.com
/PKP_ans

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.