Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini

SMKN 5 Kupang COE Kelistrikan EBT, Prof Toisuta : Ini Sekolah ADVANCED

CitraNews

Kika:  Dra.SAFIRAH  Cornelia Abineno, Prof. WILLI Toisuta, SERCI Neolaka, S.Pd, M.Eng, dan AGUS Ahab, di RPS Pantai Otan Gedung COE SMKN 5 Kupang, Jumat 11 Pebruari 2022. Doc. marthen radja/citra-news.com

Safirah : Menjadi sekolah Model Pembelajaran Plus 4 tahun adalah tantangan. Tapi bagi kami itu sekaligus peluang untuk masa depan anak-anak NTT yang punya keahlian di bidang tertentu.

Citra News.Com, KUPANG – BIDANG KEAHLIAN (jurusan, red) spesifik yang dimiliki Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 (SMKN 5) Kupang adalah Kelistrikan. Spesifikasi teknik di bidang kelistrikan ini menjadikan SMKN 5 Kupang salah satu SMK PK (Pusat Keunggulan) atau Central Of Excellent di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Baca Juga :  Ini PESAN Safirah Saat MELEPASPISAH 511 Siswa SMKN 5 Kupang

“Kalau SMKN 5 Kupang punya keunggulan di bidang Teknik Kelistrikan, tentunya SMKN lainnya punya keunggulan pembelajaran di bidang lain. Jadi harus ada keunggulan di bidang tertentu dan berbeda satu sama lainnya dengan SMK yang lainnya maka ia dipilih menjadi Sekolah Model Plus 4 Tahun itu,” jelas Prof. Willi Toisuta, P.hD.

Ditemui awak Portal Berita citra-news.com di sela-sela acara Launching Modul Pembelajaran Plus 4 Tahun SMKN 5 Kupang, Jumat 11 Pebruari 2022, Prof. Toisuta menyatakan, SMKN 5 Kupang Sekolah Advanced.

Pernyataan lugas sang Profesor ini dipastikan dilatari oleh spesifikasi bidang pembelajaran (jurusan,red) yang dimiliki SMKN 5 Kupang. Yakni bidang teknik kelistrikan energi baru terbarukan (EBT).

Baca Juga :  Teken Kerjasama BPTP Perkuat MUTU Lulusan SMK di Wilayah PERBATASAN

Diketahui saat ini EBT menjadi energi alternatif pengganti tenaga disel. Dan NTT adalah pusat energi baru terbarukan. Baik energi yang dihasilkan oleh tenaga surya (matahari), oleh tenaga angin (bayu), juga energi tenaga air (hidro). Bidang- bidang ilmu ini ada di SMKN 5 Kupang.

“SMKN 5 Kupang ini sekolah Avanced (terdepan, lebih maju) dari SMK Model yang lainnya. Hal unik yang dimiliki SMKN 5 Kupang ada di bidang teknik kelistrikan untuk energi baru terbarukan. Jadi tidak sekadar SMK Pusat Keunggulab (PK) tapi sekaligus juga jadi salah satu Sekolah Model di NTT yang memiliki spesifikasi bidang keilmuan sesuai kebutuhan saat ini,” demikian Prof. Toisuta di ruang praktek siswa (RPS) Pantai Otan SMKN 5 Kupang.

Baca Juga :  GENCAR Menggelegar di Momentum SUMPAH PEMUDA

Karena kita tahu, tambah dia, saat ini kebutuhan energi yang berasal dari fosil mulai berkurang. Sebagai altenatif (pengganti) maka dimanfaatan tenaga surya, tenaga angin, atau tenaga air.

Ini pas dengan yang kami ujicobakan modul soal teknik kelistrikan yang menjadi keunggulan SMKN 5 Kupang. Dimana modul pembelajaran plus 4 tahun yang hari ini kami lakukan launching.