Gubernur Viktor : IKARASI Harus Punya KONTRIBUSI Besar Bagi Pembangunan SDM

Gubernur VIKTOR Bungtilu Laiskodat menerima beberapa buku dari perwakilan keluarga Amarasi Kabupaten Kupang, Jumat 29 Juli 2022. Doc. citra-news.com/radit-biroAP setdantt

Alberth Neno : Penanaman perdana pisang Cavendish diatas lahan seluas 6,5 hektar diharapkan mampu menjadi pemicu kepada pemberdayaan petani dan pengembangan agraria.

Citra News.Com, AMARASI – GUBERNUR Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), VIKTOR Bungtilu Laiskodat
memgingatkan, IKARASI harus menjadi organisasi kemasyarakatan yang punya gerakan besar, punya kontribusi besar bagi pembangunan sumber daya manusia (SDM) masyarakat sekitar dan daerah ini.

Gubernur Viktor mengapresiasi kegiatan pengukuhan Ikatan Keluarga Amarasi (IKARASI).

Namun putra kelahiran Semau ini tidak hanya berbangga atas kian bertumbuhnya organisasi masyarakat saat ini. Akan tetapi dampak ikutan dari kehadiran IKARASI adalah terlibat aktif dan kerja nyata untuk tumbuhkembangnya perekonomian masyarakat sekitar.

“Saya minta kepada para pengurus IKARASI yang baru dilantik, agar memberikan kontribusi melalui program kerja nyata yang memiliki dampak positif langsung kepada masyarakat sekitar,” tegasnya.

Acara Pengukuhan Badan Pengurus IKARASI pada Jumat 29 Juli 2022, mengambil lokasi di Desa Merbaun Kecamatan Amarasi Barat Kabupaten Kupang. Acara ini ditandai dengan penyerahan buku untuk memperkaya literasi dan numerasi sumberdaya yang dimiliki masyarakat Amarasi Barat.

Gubernur Viktor dalam sambutannya, terus mendorong masyarakat mengembangkan Sektor Pertanian. Termasuk pengembangan sektor perkebunan, peternakan, dan sektor Usah Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Mantan anggota DPR RI ini berharap agar jajaran pengurus tetap solid dan terus konsisten bersinergi dengan pemerintah. Dalam hal percepatan pembangunan di Kabupaten Kupang khususnya dan NTT pada umumnya.

“Selamat atas pengukuhan Ikarasi hari ini. Saya berharap ini tidak sekedar acara seremonial saja. Namun semua pengurus Ikarasi mulai dari Ketua, Wakil Ketua dan jajarannya harus konsisten memiliki semangat solidaritas dan loyalitas hingga akhir masa jabatan,” pinta Gubernur.

Terlebih dunia sekarang, lanjut dia, menuntut kita tidak lagi bekerja dengan cara yang biasa-biasa saja. Cara berpikir dan cara kerja kita harus juga luar biasa. Agar masyarakat sekitar dapat merasakan langsung dampak positifnya.

Dia pun mendorong jajaran pengurus Ikarasi untuk membantu memperkuat ekonomi masyarakat dengan pengembangan potensi daerah.

Kepada pengurus IKARASI Gubernur Viktor mengingatkan, Program kerja yang para pengurus susun nantinya harus berbasis data yang konkrit.

Seperti pada sektor pertanian, para pengurus IKARASI wajib untuk turun ke lokasi. Terus bersama masyarakat dan pemerintah dalam mendata semua potensi lahan pertanian yang ada. Luas lahan berapa yang sudah ditanami dan yang belum berapa. Apa-apa saja kekurangan dan kelebihannya.

Dengan basis data yang akurat tersebut maka kita akan paham dalam mengelola dan mengembangkan pertanian di daerah ini. Jangan lagi susun program kerja yang sifatnya abstrak, yang malah nanti habis di wacana saja, tuturnya.

“Sekali lagi saya tekankan, IKARASI harus menjadi organisasi kemasyarakatan yang punya gerakan besar, punya kontribusi besar bagi pembangunan sumber daya manusia (SDM) masyarakat sekitar dan daerah ini,” tegasnya.

Pengembangan Pisang Cavendish

Wilayah Amarasi umumnya merupakan wilayah potensial untuk pengembangan sektor pertanian.

Kabar yang menggembirakan kalau saat ini di wilayah Amarasi Barat khususnya telah dikembangkan Pisang Cavendish.

Hal ini dipertegas lagi oleh Alberth Neno, Ketua Umum IKARASI. Bahwa di Kecamatan Amarasi Barat memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan untuk percepatan peningkatan ekonomi masyarakat. Terutama disektor pertanian.

“Kami mengapresiasi bapak Gubernur yang beberapa waktu lalu sudah mendukung dan melakukan penanaman perdana pisang Cavendish bersama masyarakat disini. Sebagai awalan kami mulai dengan 6,5 hektar lahan pisang Cavendish. Tapi kedepan akan segera kami kembangkan lagi,” janji Alberth.

Alberth pun berharap penanaman perdana pisang Cavendish di lahan seluas 6,5 hektar tersebut mampu menjadi pemicu kepada pemberdayaan petani dan pengembangan agraria.

Serta dapat ditindaklanjuti dengan penguatan kapasitas kelembagaan petani, sambung dia. Juga perluasan lahan serta penyiapan infrastruktur dan pembiayaannya. Sehingga pengembangan hortikultura di kawasan tersebut memiliki prospek bagus di kemudian hari.

Diketahui acara Pengukuhan Badan Pengurus IKARASI masa bhakti 2022-2025 tersebut dilakukan langsung oleh Bupati Kupang, Korinus Masneno.

Turut hadir bersama Gubernur NTT dalam pengukuhan tersebut, Staf khusus Gubernur bidang Ekonomi dan Pembangunan Prof. Daniel Kameo, Wakil Gubernur NTT periode 2008-2013 Esthon Foenay, Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe, unsur Forkopimda serta Pimpinan Perangkat Daerah Lingkup Pemprov. NTT dan Kabupaten Kupang. +++ citra-news.com/radith-biroAP

Editor : Marthen Radja/citra-news.com

Sumber : Biro AP Setda NTT/Radit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.