Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini

HLM TPID-GNPIP di Maumere Gubernur VIKTOR Singgung DANA DESA Untuk PEM

CitraNews

Dalam pertemuan tersebut, Gubernur Viktor meminta para kepala desa agar memanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Bahwa penggunaan dana desa untuk memberdayakan masyarakat dengan program pertanian, peternakan, perikanan dan sektor lainnya.

Anggaran dana desa itu harus digunakan sebaik mungkin, kata gubernur. Dandesa tersebut dimnfaatkan Un
utuk pemberdayaan masyarakat, dan untuk peningkatan ekonomi masyarakat desa.

“Jadi kita fokus pemberdayaan masyarakat untuk menekan angka kemiskinan. Kepala Desa harus melihat dengan baik bahwa ketentuan besaran alokasi 40 persen dana desa untuk bantuan langsung tunai itu disesuaikan dengan keadaan masyarakat yang ada. Bila masyarakat penerima BLT tidak mencapai 40 persen maka dana tersebut bisa dialihkan ke atau diperuntukkan untuk hal lain. Seperti pemberdayaan pada program pertanian atau peternakan di desa,” sebut Gubernur Viktor.

Baca Juga :  Semuel Rebo : Program TJPS Mengubah Pola Pertanian TIDAK Lazim

Perlu Cara Kerja Cerdas

Orang Nomor Satu NTT ini juga berharap agar pada bulan oktober semua kabupaten sudah ada desain ketersediaan lahan, pupuk dan benih untuk pengembangan sorgum, jagung dan kelor.
Sehingga masyarakat juga bisa ikut ambil bagian.

Baca Juga :  Di Hari PASKAH Gubernur VIKTOR MENANGIS, Ada APA?

“Saya yakin untuk Pulau Flores ini sangat berpotensi untuk pengembangan 3 komoditi tersebut. Bila kita sukses di Flores ini maka daerah yang lain juga mengikuti yang sudah kita kerjakan disini sebagai contoh”, kata Gubernur Viktor.

Agar lebih berhasilguna, tambah dia, diperlukan sinergitas antara industri lembaga-lembaga keuangan.

“Kita jangan membebani APBD kita. Penting untuk kolaborasi dengan lembaga keuangan dan perbankan.
Kita andalkan Kredit Usaha Rakyat (KUR). Jadi kita tidak terlalu berharap dan membebani APBD kita. Maka dari itu masyarakat juga harus berperan aktif,” tandasnya.

Baca Juga :  Menekan INFLASI Bank NTT Hadirkan Skim Kredit GREEN HOUSE

Terkait inflasi, menurut Gubetnur Viktor, untuk mengatasi inflasi maka masyarakat harus memiliki dan mengembangkan sendiri komoditi yang menyebabkan inflasi seperti cabe dan lainnya. Juga kita harus kembangkan sendiri di masyarakat.