Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini

Gegara FGD Soal EBT Kadis PK NTT dan Direktur Politeknik Undana SEPAKAT Berkantor di SMKN 3 Kupang

CitraNews

Khususnya berkaitan dengan FGD ini ada beberapa SMKN yang terlibat. Kadis Linus menyebut, yang mendatangkan narasumber dan stakeholder terkait adalah Kepala SMKN 5 Kota Kupang (Dra. Safirah Cornelia Abineno, red).

“Untuk SMK yang terlibat di FGD ini yakni SMKN 5 Kota Kupang yang mendatangkan narasumber. Juga hadir SMKN 2 SoE, SMKN 2 dan SMKN 3 Kota Kupang,” tandasnya.

Lagi-lagi ditohok dengan pertanyaan apakah giat FGD serupa dilakanakan juga di Flores. Mengingat beberapa daerah dudana juga memiliki sumber potensi tenaga surya dan tenaga bayu.

Baca Juga :  SMK PK Gandeng Institusi Pasangan Lumpuhkan GAPTEK

Kadia Linus menjelaskan, FGD inikan berdasarkan skala kebutuhan potensi dominan wilayah. Nah, ini terkait EBT dimana wilayah Sumba dan Timor (termasuk Rote dan Sabu) punya potensi besar akan sumber EBT ini.

“Maka layaknya aplikasi penguatan SDM melalui peran SMK ini dilakukan di ibukota provinsi. Dengan memberdaya sekolah-sekolah COE yang ada,” tuturnya.

Kedepan, tambah dia, daerah-daerah kabupaten berkolaborasi dengan Pemprov dalam aktivitas yang lebih luas lagi. Sebagai upaya mendukung EBT yang juga menjadi program Gubernur NTT.

Baca Juga :  PESAN Apolos Djarabonga DIBALIK Musda II DPD KAI Pedang Merah NTT

Dia mengakui, memang di Flores juga ada beberapa daerah dengang potensi sumber EBT. Namun ada indikator lainnya sebagai daya dukung kebutuhan EBT itu. Misalkan soal ketersediaan sarana prasarana dan kapasitas dan siswa persekolah.

“Data tentang potensi sudah ada. Sisa komitmen seperti apa. Kalau Pemprov tidak soal dengan program-program brilian bapak Gubernur Viktor seperti EBT ini ke depannya untuk kebutuhan energi masa depan bangsa dan daerah ini,” pungkasnya.

Sementara Prof. Ir. AMBAR Partiwiningrum, M.Si, Ph.D mengatakan, wilayah Povinsi NTT sangat kaya dengan potensi tenaga (energi) matahari (surya) dan tenaga bayu (energi angin). Sumber potensi energi yang ada terutama terdapat di Pulau Sumba dan Pulau Timor.

Baca Juga :  NTT 'Nusa Tiada Tara' Punya Sejuta POTENSI Mampu Menjadi PENYUMBANG Kemakmuran NEGARA

“Hasil riset pusat teknologi UGM menyebut potensi energi surya dan tenaga bayu dari NTT mampu mensuplay kebutuhan listrik dalam negeri. Sehingga ke depannya oleh pemerintah pusat menjadikan NTT Pusat Pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT), “kata Guru Besar UGM ini.