Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini
Polkam  

BANK NTT Bina UMKM Hingga Border Area RI-RDTL

CitraNews

Napan adalah satu dari empat desa lainnya yang menjadi peserta Festival Desa Binaan Bank NTT dan Festival PAD tahun 2022.

Setibanya Tim Juri di lokasi, puluhan warga sudah menanti. Hadir diantaranya Marselus Siki, kepala desa setempat juga Antonius Anton yang adalah pemilik IKM Suka Maju Desa Napan serta beberapa tokoh masyarakat dan tokoh adat.

Baca Juga :  Si Hitam ‘Fortuner’ Terbakar Mobnas DH 5

Di halaman rumah Anton merupakan pusat penjualan hasil produksi warga Desa Napan. Dalam sapaannya, Kades Marselus Siki menyampaikan selamat datang dan juga berterimakasih atas dipilihnya Napan menjadi peserta dalam kegiatan yang diinisiasi oleh Bank NTT ini.

IKM Suka Maju menurutnya sudah cukup berkembang setelah didukung Bank NTT. Dari usaha seadanya kini sudah banyak pilihan produk. Ada minuman fermentasi jahe maupun pisang, serta aneka kerajinan lainnya.

Baca Juga :  BANK NTT Merentang Sayap Bisnis Dengan Aplikasi GO NTT

Beginilah kondisi kami sekarang, ucap SIKI. Desa Napan sudah jauh berubah dibanding sebelumnya. Dulu Napan hanyalah sebuah desa kecil, kumuh dan terpencil. Namun sekarang kami sudah menjadi sebuah desa dengan putaran roda ekonominya baik.

Bahkan menurut Anton, IKM Suka Maju sudah berkontribusi bagi PAD desa setempat. Putaran Roda ekonomi di Napan sudah semakin lancar, apalagi tidak sedikit pengunjung PLBN yang mampir ke IKM tersebut dan berbelanja.

Baca Juga :  KETERBUKAAN Informasi Publik PENTING Untuk PEJABAT di Daerah

Tak hanya itu, Antonius Anton mengisahkan, dia memulai usahanya pada awal tahun 2010. Saat itu dia merintis usahanya dengam meracik aneka minuman herbal dan anggur fermentasi jahe serta pisang.