KADIN Buka Gerai Produk UMKM NTT di Area Bandara CHANGI Singapore

Ketua KADIN NTT, Bobby Liyanto, MM,MBA (belakang ke-4 dari kiri) foto bersama pelaku UMKM dari Desa Binaan Bank NTT di Kabupaten Alor Povinsi NTT. Doc. citra-news.com/humas bankntt

Bobby Liyanto berkeliling ke desa-desa Binaan Bank NTT sambil berbuat baik untuk kelompok UMKM. Berikut misi sang Ketua KADIN NTT ini…..

Citra News.Com, KALABAHI – BERKELILING dari bumi Sandlewood – Sumba hingga negeri di Timur Matahari – Alor, KADIN bergandengan tangan (kolaborasi, red) dengan Bank NTT membawa misi ekonomi rakyat menuju sejahtera.

Spirit membangun negeri ala Bank NTT melalui kelompok-kelompok Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) diyakini bisa menopang kehidupan sosial ekonomi masyarakat.

Seiring berjalannya waktu, topangan Bank NTT terhadap kelompok UMKM ini ditengarai bisa melimpuhkan stigmatisasi bahwa NTT miskin dan terbelakang.

Peran Bank NTT sebagai agen pembangunan (agent of development) mampu menepis stigma negatif ini melalui program aksinya ke desa-desa binaannya.

“Desa-desa punya sumber potensi alam yang luar. biasa kaya. Hasil-hasil pertanian, peternakan, kelautan dan perikanan, serta kepariwisataan bila dikelola secara baik akan dapat meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan rakyat. Dan bank NTT harus bisa berperan didalamnya memberikan kemudahan-kemudahan dalam hal permodalan dan aksesibilitas pemasaran produk UMKM,” demikian Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat saat Launching dan Festival Desa Binaan Bank NTT, belum lama ini di Aston Hotel Kupang.

Menyanggupi harapan Gubernur Viktor, Bank NTT mengelaborasinya melalui kerja-kerja kolaboratif dengan banyak pihak. Dimana desa-desa potensial dijadikan desa binaannya. Dan melakukan pendampingan usaha mulai dari hulu hilir.

Dalam hal pemasaran produk UMKM misalnya Bank NTT bermitra dengan KADIN NTT. Bahkan melibatkan pihak Kadin dalam penjurian pada program Desa Binaan Bank NTT dan PAD tahun 2022.

Terkait akses pasar Bobby Liyanto memastikan, pihaknya mengambil peran didalamnya. Baik di pemasaran regional nasional, juga mancanegara.

“Dalam waktu dekat ini KADIN NTT segera membuka gerai dan memajang aneka produk UMKM khas NTT hasil binaan Bank NTT di Bandara International CHANGI – Singapore,” kata Bobby saat dihubungi Selasa kemarin.

Diakunya, setelah melihat hasil usaha dari pelaku UMKM di desa-desa sasaran pendampingan (binaan, red) Bank NTT, telah memperteguh keyakinan dan memantik pihak Kadin untuk menembus pasar global dalam hal pemasaran produk UMKM NTT hingga ke mancanegara.

“Hampir semua kelompok UMKM di desa sasaran penjurian kami, mereka punya aneka produk UMKM. Bahkan ada kelompok UMK memiliki tempat usaha atau toko. Nah disini kami dari Kadin mengambil peran soal pemasarannya. Tidak saja regional atau nasional, tapi juga di pasar Internasional,” kata Bobby.

Ketua KADIN NTT ini menjelaskan, saat ini Kadin NTT tengah mempersiapkan semua produk UMKM berkualitas premium untuk dipasarkan ke luar negeri. Kita (Kadin NTT, red) akan membuka gerai UMKM di Bandara International CHANGI – Singapore.

“Ini salah satu bandara teramai di dunia dan dengan bangga kami akan menjual produk-produk UMKM berkualitas premium dari NTT,” tandasnya.

Bobby mengabarkan kalau dia baru saja kembali dari pulau Sumba dalam penjurian Desa Binaan Bank NTT di Kabupaten Sumba Barat.

Setelah dari Sumba Ketua Umum KADIN NTT, Bobby Lianto, M.M, MBA melanjutkan Penjurian ke beberapa Desa Binaan Bank NTT di Pulau Alor.

Saat berada di Nusa Kenari – Alor Bobby ditemani Marisa Killa, Staf Bank NTT Bidang Parekraf & Desa Binaan.

Dalam penjuriannya selama 3 (tiga) hari di Alor Bobby berkeliling di 5 (lima) Desa Binaan Bank NTT. Masing-masing Desa Alimebung, Desa Kamot , Desa Alor Besar, Desa Aimoli, Dan Kelurahan Kabir – Pulau Pantar.

Dalam kunjungannya itu tidak ketinggalan Bobby memboyong Ketua Kadin Kabupaten Alor, Denny Lalitan beserta pengurus Kadin Alor, Kaleb Laamaly.

Mengapa Bobby mengikutsertakan Kadin Alor? “Kami mengajak Kadin Daerah agar supaya KADIN ALOR dapat berkolaborasi bersama Bank NTT untuk dapat mensupport kebutuhan Desa Binaan Bank NTT”.

Hal menarik bagi Bobby bahwa kebanyakan pelaku UMKM adalah ibu-ibu. Para pelaku UMKM ini telah membuat produk-produk yang ada dan dimiliki di desanya. Seperti Kripik singkong, keladi, pisang, kue rambut, kue delapan, manisan Jahe Merah, Minyak Kemiri, Virgin Coconut Oil, kelor, hiasan dinding dari Kayu, akar bambu, kain Tenun dan produk produk lainnya.

Kadin NTT tawarkan Solusi

Menurut Bobby, kendala umum yang dikeluhkan pelaku UMKM adalah akses pasar.

“Mereka menyampaikan kesulitan mereka adalah setelah diproduksi produk- produk tersebut akan dijual kemana. Artinya kesulitan mereka adalah akses pasar,” kata Bobby.

Nah ini tentunya Kadin Alor dan Kadin NTT serta Bank NTT harus bisa menjawab tantangannya, tambah Bobby.

Sontak Bobby sebagai Dewan Juri menjawab langsung bahwa ada 3 (tiga) solusi untuk memasarkan produk produk desa binaan.

Bobby menyebut pertama, Kadin mengusulkan Bank NTT mulai dari Cabang Pembantu terdekat, Kantor Cabang Kalabahi, bahkan di Kantor Pusat menyiapkan Rak/Counter yang memamerkan dan menjual semua produk hasil Desa Binaan.

Yang kedua, membuka akses pemasaran regional. Dan Puji Tuhan, ungkap Bobby, Kadin Alor berkolaborasi dengan Bank NTT segera di bulan Desember ini akan membuka Cafe & Toko Oleh Oleh khas Alor yang akan menjual semua produk produk hasil olahan UMKM dari desa-desa binaan dan seluruh desa untuk menjawab kebutuhan regional.

Yang ketiga, KADIN NTT menyalurkan produk desa binaan ke Kupang lewat beberapa pengurus Kadin menggunakan aplikasi Digital. Seperti KIOS BETA.com, LAPAKDEKRA, dan LA MORINGA.

Seraya menyampaikan bahwa lewat La Moringa yaitu Restaurat khas NTT Kelor & SE’I yang juga Toko oleh oleh UMKM NTT.

Dan produk-produk UMKM berkualitas premiun itu, tambah Bobby, saat ini selain pemasarannya di Kupang, juga sudah empat kali pemasarannya dan dalam jumlah lebih banyak yang dipasarkan di Labuan Bajo.

“Kadin NTT saat ini mempersiapkan pemasaran produk UMKM NTT keluar negeri. Salah satunya kita akan buka gerai UMKM NTT di Bandara Internasional Changi Singapore.  +++ citra-news.com/humas bankntt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.