Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini

DESA Garda TERDEPAN Perkuatan EKONOMI Nasional

CitraNews

“Ini tugas berat bagi para camat dan kepala desa termasuk perangkatnya yang ada. Karena dana tersebut harus langsung digunakan untuk kebutuhan nyata masyarakat. Setiap desa harus mempunyai sejumlah inovasi dan kreatif dalam menumbuhkembangkan perekonomian masyarakat. Karena ekonomi masyarakat desa menjadi garda terdepan bagi perekonomian secara nasional,”jelas Roby.

Sembari menambahkan, program inovasi desa yang dilaksanakan melalui bursa inovasi desa (BID) memberi ruang bagi masyarakat desa untuk membuat terobosan baru dengan inovasi dan kreasi. Serta masyarakat desa yang memiliki skill sehingga mampu bersaing di era ekonomi milenial saat ini. Kemampuan masyarakat untuk menciptakan inovasi dan kreasi ini menjadi wahana (gerbong) dalam memajukan ekonomi menuju desa mandiri, tandasnya.

Bursa Inovasi Menuju Desa Milenial

Baca Juga :  Membuntuti Program KAPOLRI Polres TTS Giat OPERASI

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Sikka, Robertus Ray, S.Sos mengatakan, pelaksanaan PID dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas desa dalam mengembangkan rencana dan pelaksanaan pembangunan desa secara berkualitas. Sehingga dapat meningkatkan prodkvitas rakyat dan kemandirian ekonomi serta mempersiapkan pembangunan sumber daya yang berdaya saing.

Baca Juga :  NTT -Nusa Tangguh Tumbuh- MELAWAN Musuh ENDEMIK

Dalam Undang Undang Nomo 6 Tahun 2014 tentang Desa, menurut Robert, spirit yang dbangun dalam kegiatan Bursa Inovasi Desa sebagai forum pertukaran dan penyebaran gagasan atau ide-ide kreatif dan inovatif masyarakat yang berkembang di desa-desa.

Baca Juga :  Dari 115 Hanya Terpilih 22 DESA Masuk NOMINASI Seleksi Lanjutan

“BID yang dlaksanakan di tingkat kabupaten/kota merupakan kegiatan peluncuran untuk mendukung pelaksanaan program inovasi desa di tingkat kecamatan sebagai wahana pertukaran pengetahauan dan inovasi dari desa-desa. Ini dimaksudkan untuk menjembatani kebutuhan pemerintah desa akan pilhan solutif bagi penyelesaian masalah perekonomian masyarakat. Serta upaya inisiatif dalam kerangka mewujudkan  penggunaan dana desa dengan mempedomani prinsip transparansi, efektif, efisien , serta berkualitas”jelas Robert.