Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini

Mengatasi KEKERINGAN Pemerintah Diminta PERKUAT Skema MITIGASI

CitraNews

Bahkan Edy-demikian ia akrab disapa- menawarkan, program dana desa dengan keutamaan pada pembangunan infrastruktur jalan.  Menurutnya, untuk kondisi beberapa desa di NTT yang terus berulang tahun mengalami kekeringan maka pemerintah dapat mengintervensinya melalui anggaran dana desa miliaran rupiah itu.

“Anggaran dana desa yang ada saat ini jangan saja dplot untuk membangun jalan desa. Bangun juga air bersih. Bayangkan saja di Amfoang Utara Kabupaten Kupang ada dua desa yang sudah secara turun temurun mengalami kesulitan air bersih. Untuk minum saja warga desa harus ambil air dengan jarak sekitra 5 kilometer. Itupun melalui jalan setapak turun naik mengitari perbukitan hanya mau ambil air kali yang sudah jadi kubangan hewan ternak sapi,”tuturnya.

Dua desa di Kecamatan Amfoang Utara itu, sebut Edy, adalah Desa Lilmus dan Desa Bakuin. Dua desa ini tiak ada satu sumur bor pun. Yang ada hanya air sungai dari kali Noelolo. Jika saja dana desa yang dianggarkan itu bisa digunakan sumur bor maka air bersih bisa dirasakan warga.

Baca Juga :  Kepala Dinas Pariwisata NTT Dikecam Bupati Malaka
Baca Juga :  AKHIR Oktober Diumumkan JUARA Program RAMAI SKALI Bank NTT

Untuk diketahui, tambah Edy, sungai Noelolo yang terletak di desa Netemnanu Utara itu, satu-satunya sumber kehdupan warga di kecamatan itu. Dan sungai yang seolah dibendung itu sesungguhnya dibangun dengan swadaya masyarakat untuk mengaliri kawasan persawahan seluas sekitar   17.000 hektar. Namun karena bangunan seadanya itu maka ia hanya mampu mengairi sekitar 10.000 hektar saja.

Air sungai dari kali Noelolo inilah, kata Edy, menjadi sumber kehidupan bagi warga di Kecamatan Amfoang Utara. Meskipun pada musim kemarau saat ini dengan kondisi kotor dan berbau karena jadi kubangan hewan ternak. Tapi warga terpaksa harus mengkonsumsinya. Bahkan di desa lain warga menggali air di pinggir kali dengan air yang berwarna kecoklatan tapi diteduhkan terlebih dahulu. +++ cnc1

Baca Juga :  Kasek SAFIRAH Membangun KARYA Dalam SENYAP

Gambar : WINSTON N. Rondo, S.Pt saat diwawancarai sejumlah wartawan di ruang Fraksi Demokrat Gedung DPRD NTT, Kupang, 26 Oktober 2018.

Foto : Doc.CNC/marthen radja