Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini

Wagub Josef : “Kepala Sekolah Harus Memiliki MORAL dan INTEGRITAS”

CitraNews

“Namun selama ini Pemprov NTT belum pernah melakukan pengambilan sumpah dan pelantikan untuk pejabat fungsional tersebut. Ke depan sudah dianggarkan bahwa setiap pejabat yang duduk dalam jabatan fungsional tersebut harus dilantik dan diambil sumpahnya,”katanya.

Kepala sekolah, sebuah jabatan yang ganda fungisnya, terang Wagub Josef. Selain sebagai manejer dia juga melekat dalam dirinya fungsi guru melaksanakan proses belajar-mengajar (pendidikan dan pengajaran). Artinya kepala sekolah berfungsi dalam manejerial dan menguasai teknik (metodik) pedagogik didaktik, juga harus punya intergitas pribadi yang baik.

Oleh karena itu dalam menetapkan seseorang menjadi kepala sekolah, selain mempunyai pengetahuan yang memadai juga tidak kalah pentingya soal kualitas moral, integritas, dan kemampuan berinteraksi. Baik berintegrasi dengan para guru, dengan para orang tua murid, dengan para siswa juga dengan para mitra lainnya. Bapak ibu kepala sekolah yang terlantik hari ini adalah orang-orang yang terpilih yang memenuhi kriteria-kriteria tersebut di atas.

Baca Juga :  ENDE, Tempat BUNG KARNO ‘Menggali’ Butir PANCASILA

“Ada terpilih karena kemampuan anda. Anda terpilih bukan karena kedekatan dengan siapa-siapa. Tapi anda terpilih karena anda punya integritas dan punya kompetensi. Oleh sebab itu jangan menduga bahwa anda diangkat karena dekat dengan ini, dekat dengan itu. Kita tidak melihat asal usul darimana, anda agamanya apa, anda kulitnya apa, anda rambutnya apa. Pokoknya anda punya kompetensi, integritas, dan moralitas yang bagus maka anda patut dan layak diangkat menjadi kepala sekolah.”tegas Wagub Josef.

Kepala sekolah adalah seorang pedagok. Apa itu pedagog, apa itu pendidikan. Pendidikan jelas dia, adalah usaha sadar yang terdiri dari  bimbingan pengajaran dan atau pelatihan. Untuk orang yang anda didik (peserta didik) agar memiliki kompetensi bagi diri sendiri, bagi orang lain, maupun bagi bangsa dan negara untuk masa yang akan datang. Oleh sebab itu seorang kepala sekolah memiliki kemampuan yang lebih pada guru-guru yang ada di sekolah itu. Anda dibebankan untuk mengajar menyusun TIU dan TIK, untuk membimbing para guru-guru untuk bagaimana memiliki kompetensi yang tinggi. Ke depan anda sekalian kita minta untuk memberikan laporan secara rutin. Tentang integritas anda, tentang bagaimana kelulusan, dan bagaimana tentang perkembangan sekolah dan anak yang anda pimpin.

Baca Juga :  DONGKRAK Perekonomian Warga di ALOR Bobby Lianto GANDENG Bank NTT

Jaman sekarang dituntut kepala sekolah bukan hanya sebagai kepala atau ketua di organisasi internal. Bukan hanya sebagai pemimpin tetapi sekaligus sebagai manejer (manager). Seorang manejer adalah orang yang bisa mampu mengelola uang dan potensi yang ada di lingkungannya. Baik pengorganisasiannya, baik perencanaan, pelaksanaan, maupun pengendalian, dan pengawasan

Baca Juga :  Purna Tugas ‘ANSAR’ Pamitan dengan ASN

Melalui kesempatan ini saya (Wagub Josef) berpesan kepada bapak ibu kepala sekolah yang hari ini dilantik, bahwa kita di Nusa Tenggara Timur sudah dijuluki sebagai Provinsi Termiskin Nomor 3 (tiga). Kita dijuluki sebagai Provinsi Terendah Literasinya. Kita dijuluki dengan satu istilah yang sebenarnya saya sendiri tidak suka dengan istilah itu. Bahwa kita Orang NTT ini dalam tanda kutip bahwa Kita Terbodoh. Kini saatnya kita harus bisa bangkit dan membawa ini NTT supaya tidak dijuluki lagi bahwa kita ini ‘Orang Terbodoh’, tandasnya.