Bertindak VISIONER Ala Kepala SMKN 5 Kupang

Perkembangan teknologi otomotif  dan industry mekanisasi dewasa ini bertumbuh subur bak cendawan di musim hujan. Meski demikian diperlukan kesiapan SDM yang handal dan mumpuni untuk merancangbangun produk kendaraan yang berkualitas dan ramah lingkungan.

Kupang, citra-news.com – KEPALA SEKOLAH Menengah Kejuruan Negeri 5 Kupang, Dra. SAFIRAH Cornelia Abineno menyatakan, penyelengaraan kegiatan pelatihan dan sertifikasi mekanik sepeda motor  menjadi modal dasar bagi masa depan anak-anak pewaris bangsa.

Menurutnya, SMKN 5 Kupang dengan home base pada jurusan otomotif dan perbengkelan sudah matching dengan kegiatan pelatihan seperti ini. Itu berarti melalui pelatihan ini anak-anak mendapat bekal pengetahuan dan kerampilan yang memadai untuk kelak mengadapi dunia kerja.

Dalam sambutanya pada acara pembukaan pelatihan dan sertifikasi mekanik sepeda motor  di SMKN 5 Kupang, Senin 20 Mei 2019, Safira bertekad menjadikan SMKN 5 Kupang sebagai sekolah favorite bidang otomotif di Provinsi NTT. Sebagai sekolah kejuruan hendaknya kita mempersiapkan lebih dini anak-anak generasi muda kita agar kelak menjadi generasi yang lebih hebat.

“Ini mimpi besar saya. Jika perlu menjadi salah satu sekolah favorite di Indonesia dalam hal mekanisasi dan otomotif. Iya, walau kita bertindak lokal tapi harus berpikir secara global (think global, act local). Itu tindakan visioner saya setelah saya dipercayakan menjabat Kepala Sekolah di SMKN 5 Kupang. Karena hemat saya apalah artinya visi NTT Bangkit NTT Sejahtera yang dikumandangkan bapak Gubernur Viktor Laisodat, jika tidak kita wujudkan melalui kegiatan-kegiatan nyata seperti pelatihan ini,”ungkap Safirah saat ditemui citra-news.com di Balai Latihan Kerja Kupang, Senin petang.

Diakui Safirah, bertepatan dengan bangsa ini merayakan Hari Kebangkitan Nasonal 20 Mei, SMKN  5 Kupang pun mulai bangkit. Wujudnya dengan menjamu tamu terhormat dari Kementerian. Ini berkah bagi kami d SMKN 5 Kupang, katanya. Betapa tidak. Bahwa ini adalah sebuah berkah yang memberi harapan baru, terutama bagi anak didik kita dalam meraih masa depannya.

Diketahui, kedatangan para petinggi dari Kementerian ini dalam rangka kegiatan pelatihan dan sertifikasi mekanik sepeda motor di SMKN 5 Kupang. Para tamu istimewa ini diantaranya, Imanuel T.H Silitonga selaku Kepala Subdirekorat Industri Kereta Api, Alat Transportasi Udara dan Alat Pertahanan; dan Gunadi dari Lembaga Sertifikasi Profesi-Teknik Otomoti (LSP-TO). Juga turut mendampingi adalah Plt Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi NTT, Drs. EC. M.Nasir Abdullah, MM, serta Direktur PT Hasjrat Abadi (Yamaha) Kupang, Pache Pallo.

“Ini sebuah apresiasi sekaligus  wujud kepedulian para pihak terhadap sekolah kami. Bahwa kami diberikan kesempatan dan kepercayaan untuk menyelenggarakan kegiatan pelatihan yang hebat dan sangat bermanfaat untuk masa depan anak-anak kita,”kata Safirah.

Menuju Generasi Emas dengan SDM Handal dan Mumpuni

Pejabat Defenitif Kepala Sekolah (Kasek) yang baru dilantik tanggal 7 Mei 2019 menggantikan Alex Giri karena berhalangan tetap ini lebih jauh membeberkan, tidak dipungkiri kalau perkembangan mekanik, rancangbangun sepeda motor saat ini luar biasa pesatnya. Inovasi dan kreativitas untk melahirkan jenis, model, dan bentuk yang selalu IN dengan selera pasar, senantiasa muncul dimana-mana.

“Untuk itu SMKN 5 Kupang sebagai salah satu sekolah kejuruan di NTT harus mampu membaca kondisi ini sebagai suatu peluang. Sebuah peluang yang dapat memberikan manfaat  ganda bagi masa depan anak-anak didik kita. Peluang yang sangat prospektif bagi perkembangan dan kemajuan sebuah sekolah kejuruan,”tandasnya.

Ditegaskan Safirah, kegiatan yang berlangsung selama 4 (empat) hari beturut-berturut ini (20-24 Mei 2019) menjadi awal untuk kita memikirkan adanya peluang untuk mengembangkan Program Studi (Prodi) pada SMKN 5 Kupang. Yang berorientasi pada Generasi Emas dan kesiapan SDM NTT yang handal dan mumpuni pada bidang mekanik dan otomotif.

“Mendaras pada visi NTT Bangkit NTT Sejahtera menurut saya, ini menjadi spirit untuk kita semua. Khususnya untuk SMKN 5 Kupang untuk terus bekerja keras, bekerja cerdas dan bekerja tuntas. Juga terus berinovasi dan kreatif serta berpikir visioner untuk membangn lembaga pendidikan ini. Yang sudah tentu kita tidak bisa bekerja sendiri. Ke depan kita harus mampu bekerjasama menjalin kemitraan yang harmonis dan prospektif dengan berbagai stakeholder seperti yang kita laksanakan sekarang ini,”tegas Safirah.

Sembari menguncapkan terima kasih  yang tak terhingga kepada pihak pemerintah pusat dan provinsi yang sudah memberikan kepercayaan untuk menyelenggarakan kegiatan pelatihan ini. Dia juga memohon dukungan dari semua guru yang ada dan berharap agar peserta dapat memanfaatkan kegiatan pelatihan ini dengan sebaik-baiknya. Agar bisa memetik buahnya perlu mengikutinya dengan sungguh-sungguh. Bahwa kita NTT BISA. Karena kalau bukan kita siapa lagi, dan kalau bukan sekarang kapan lagi, pungkasnya. +++ marthen/citra-news.com

Gambar : Dra. SAFIRAH Cornelia Abineno (ke-3 dari kiri) mendampingi para pejabat pusat dan provinsi pose bersama usai penyerahan secara simbolis materi training dan toolskit pelatihan kepada yang mewakili peserta (ke-4 dari kiri) di SMKN 5 Kupang, Jl. Nanga Jamal Naikoten 1 Kota Kupang- Timor NTT, Senin 20 Mei 2019.

Foto : Doc. CNC/marthen radja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *