Pidato Akhir ANWAR Disambut Standing Ovation

Pelantikan anggota DPRD NTT Perioe 2019-2024 di Aula Uama Gedung DPRD NTT, Kupang Timor NTT, Selasa 03 September 2019. Doc. Foto CNC/web

Pua Geno mendapat penghargaan standing ovation dari peserta sidang paripurna istimewa termasuk Gubernur Viktor. Itu bukti penghargaan terakhir?

Citra-News.Com, KUPANG – KETUA DPRD NTT periode 2014-2019, H. ANWAR Pua Geno, SH dapat standing ovation  dari peserta Sidang Paripurna Istimewa Pelantikan Anggota DPRD NTT periode 2019-2024.

Hari itu Selasa 03 September 2019 peserta sidang yang menempati aula utama gedung dewan, mereka spontan memberikan aplaus (tepuk tangan) sambil berdiri (standing ovation), usai Anwar memberikan pidato akhir dalam jabatannya itu. Tidak terkecuali Gubernur Viktor, Wagub Josef, Forkopimda, dan 105 anggota dewan yang baru juga yang memasuki purna tugas.

Politisi partai Golkar ini saat menyelesaikan pidato dengan polesan syair.  Barisan-barian kalimat puitiknya ini mendaras pada 11 Parpol yang punya ‘wakil’ yang segera menduduki kursi dewan untuk 5 tahun ke depan. Mendengar sayirungkapnTak dinyana para anggota DPRD NTT spontan berdiri dan memberi aplaus kepada politisi asal Flores Nusa Bunga ini.

ANWAR Pua Geno, Ketua DPRD NTT Periode 2014-2019. Doc.Foto CNC/marthen radja.

Beruntun pula Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, Wakil Gubernur Josef Nae Soi, Ketua Pengadilan tinggi serta pimpinan sidang ikut berdiri bersama para undangan yang memenuhi ruang sidang di aula utama gedung DPRD NTT itu. Usai pidato Anwar, Gubernur Viktor serta pimpinan sidang langsung menyambut dan menyalami Anwar di atas podium sidang.

Sidang paripurna istimewa pengambilan sumpah janji anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi NTT (DPRD NTT) masa jabatan 2019-2024 tersebut didahului rapat paripurna istimewa yang dipimpin langsung oleh ketua DPRD NTT periode 2014-2019, Anwar Pua Geno. Sidang itu berlangsung khidmat dan dimulai pada pukul 10.00 Wita.

Dari 65 Anggota Ada 40 Wajah Baru

Diketahui, dari 65 anggota DPRD perioe 2019-2024 tersebut ada 40 orang diantaranya adalah ‘wajah baru’. Sementara 25 lainnya anggota DPRD NTT yang terpilih kembali di Pemilu serentak pada Rabu 17 April 2019.

Ke 65 Anggota DPRD NTT Periode 2019-2024 yang terpilih dari delapan (8) Daerah Pemilihan (Dapil) di Provinsi NTT hasil Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak tahun 2019. Mereka resmi diambil sumpah jabatan (dilantik) tersebut berasaldari 11 Partai Politik (Parpol). Masing-masing dari PDI Perjuangan, Golkar, Nasdem, PKB, Perindo, PAN, Hanura, Gerindra, Demokrat, PSI dan PPP (Partai Persatuan Pembangunan.

Pada acara pelantikan ini turut dihadiri Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, Wakil Gubernur NTT Yosef A. Nae Soi, Ketua DPRD Provinsi NTT periode 2014–2019 Anwar Pua Geno,SH dan anggota DPRD periode 2014-2019, para bupati dan walikota Kupang, pimpinan SKPD Provinsi, Kota dan Kabupaten dan Pimpinan Forkopimda NTT serta undangan lainnya.

ALEXANDER Take Ofong (kiri) dan Tobias Ngongo Bulu (kanan). Doc. Foto CNC/marthen radja.

Seperti diberitakan sebelumnya, Sekretaris DPRD NTT, Drs. Tobias Nongo Bulu mengatakan, undangan yang disebarkan sebanyak 1000 undangan, dari berbagai unsure. “Seribu undangan ini termasuk anggota DPRD NTT periode sebelumnya juga yang baru. Mereka-mereka itu berasal dari 11 Parpol yang lolos parlement thersor (PT) Pemilu Serentak tahun 2019. Dan para wakil rakyat yang tersebar 8 (delapan) Dapil se-Provinsi NTT”.

Menjawab wartawan terkait pimpinan DPRD NTT peiode 2019-2014, Tobi menyatakan bukan kewenangannya untuk membahasnya. Namun berdasarkan informasi bahwa hampir pasti 4 (empat) partai pemenang pemilu akan menduduki posisi pimpinan.

Dia perkirakan sesuai informasi di media massa, kalau Ketua DPRD NTT nantinya adalah NOMLENI dari PDIP. Sedangkan dua wakil lainnya, dari Golkar INCHE Sayuna dan dari Partai Nasdem adalah CHRIS Mboeik. Belum dia ketahui dari PKB apakah JHON Rumat atau ALO Ladi.

P. Christian Mboeik usai pelantikan DPRD NTT, Selasa 03 September 2019. Doc. Foto CNC/marthen radja

Saya belum tahu persis siapa-siapa pimpinan DPRD NTT period 2019-2024. Itu nanti dibicarakan secara internal setelah pelantikan. Tapi pak Chris Mboeik sudah pasti menggantikan Alex Ofong di kursi wakil 2. Kalau Wakil 1 besar kemungkinan ibu Inche. Sedangkan wakil 3 dari PKB nantinya entah siapa, apakah pak Jhon atau pak Alo. Juga pembicaraan berapa Fraksi yang nantinya terbentuk dan siapa-siapa ketua fraksinya, itu internal mereka,”tegas Tobi.

Terkait atribut dan pakaian seragam, Tobi menjelaskan masing-masing anggota dewan diberikan PIN Emas (emblem) seberat 10 gram. Dan 5 (lima) pasang seragam DPR yang nantinya diberikan secara simbolis saat pelantikan. +++ marthen/citra-news.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *