Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini

PERHUTANAN Sosial Perlu DIOPTIMALISASIKAN Pemanfaatannya

CitraNews
Ir. FERDY J. Kapitan, M.Si (kiri) dalam ekspresi ‘Lima Jari’ simbol Skema PS didampingi Kepala UPT KPH Kabupaten Sumba Barat Daya (kanan) saat berada di Kupang, Rabu 17 Desember 2019. Doc.CNC/marthen radja-Citra News.

Pagelaran Ladang Balon di Taman Wisata Alam Bu’at TTS oleh JIWAN’S Garden. Doc. CNC/jor tefa-Citra News

Khususnya pemanfaatan kawasan wisata alam BU’AT di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), elemen masyarakat diberikan ruang kebebasan untuk berekspresi. Kalau beredar informasi bahwa Bupati TTS  memberikan peluang kepada elemen masyarakat untuk menggelar event-event edukatif, adalah langkah kreatif pemerintah dalam mengoptimalisasi jasa lingkungan kawasan perhutananan sosial yang ada.

Baca Juga :  Bangun UMKM Tebar Produk EKRAF di Obyek Wisata Premium

“Langkah bijak bapak Bupati TTS menggelar acara-acara kepemerintahan di  kawasan wisata alam Bu’at, ini patut menjadi contoh bagi elemen masyarakat lainnya. Apalagi ada sekelompok pemuda menggelar semacam festival balon udara  dalam kawasan ini. Sekaligus menyiapkan lubang-lubang tanaman bagi setiap pengunjung untuk menanam dengan bibit tanaman dari pohon apa saja. Itu sama juga kita pemerintah mengedukasi masyarakat untuk berpartsipasi aktif menjaga dan melestarikan lingkungan hidup yang ada,”beber Kapitan.

Baca Juga :  Hasil KERJA Pemerintah NTT Menggembirakan

UPT KPH kami di Kabupaten TTS, sudah pasti sangat mendukung. Hanya saja perlu dikomunikasi dari jauh-jauh hari. Sehingga rekan-rekan di UPT KPH dapat mendalaminya, kira-kira bagaimana  bentuk dukungannya itu. Iya, terkait perijinannnya bagaimana serta kemungkinan-kemungkinan hal-hal teknis yang terjadi. Karena kita berbicara soal Jasling hutan kawasan, sudah tentu ada banyak pihak terkait di dalamnya.