ECO FARMING Solusi Cerdas Mengatasi KELANGKAAN Pupuk (bagian 1)

Setiap kali musim tanam para petani di Provinsi NTT khususnya, selalu mengeluh lantaran sulit mendapatkan semua jenis pupuk. Entah dijual di pasaran domestic maupun pupuk subsidi pemerintah.  Tapi ini solusinya….

Citra-News.Com, KUPANG – PUPUK ORGANIK Super Aktif dengan nama brandingnya ‘Eco Farming’ garapan PT BEST – Bandung Eco Sinergi Teknologi, diyakini menjadi solusi cerdas bertani. Bahkan Eco Farming mampu merubah lahan gersang menjadi lahan subur. Dan pastinya petani makmur bukan?

ZULKIFLI, Agen penyalur Eco Faming kepada awak citra-news.com  di Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu 08 Januari 2020 mengatakan, produk Eco Farming sangat cocok untuk kondisi alam NTT yang kekurangan air yang menjadi sumber kehidupan khususnya bagi tanaman pertanian dan holtikultura. Apalagi ketersediaan pupuk industry sangat terbatas sehingga para petani selalu mengeluh soal kelangkaan pupuk.

“Para petani tidak usah panik menghadapi kenyataan itu. Masih ada cara lain yang bisa ditanggulangi, yakni dengan Eco Farming. Kini sudah saatnya petani menggunakan Eco Farming sebagai jawabannya,”ungkap Zulkifli.

ZULKIFLI (kiri|) Agen Resmi Penyalur Eco Farming untuk Wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur. 

Dia menuturkan, Eco Farming pupuk organik super aktif hasil penelitian ahli pertanian. Produk ini sudah lebih dari 8 tahun telah teruji dan terbukti. Bahwa Eco Farming mampu mengembalikan kesuburan tanah. Eco Farming juga menjadikan tanaman sehat dan produktif serta ramah lingkungan.

“Formula Eco Farming kecil ukurannya tapi berlipatganda manfaatnya. Karena Eco Farming memiliki nutrisi lengkap untuk kebutuhan tanaman pertanian apa saja. Selain juga bakteri positif (decomposer) untuk Restorasi Kesuburan Tanah sehingga mendekati syarat agroekosistem ideal,”kata Zulkifli.

Mengutip tulisan H.MA’MUNIR, SP, Alumni IPB A28 Program Studi Tanaman Pangan Departemen Agronomi Fakultas Pertanian IPB, bertajuk Eco Farming Nutrisi Tanaman Plus Restorasi Kesuburan Tanah Solusi Menuju Pertanian Sehat dan Ramah Lingkungan.

Bahwa Eco Farming adalah pupuk atau nutrisi berbahan organic super aktif yang sudah mengandung unsure hara lengkap sesuai kebutuhan tanaman.  Juga dilengkapi dengan bakteri positif yang menjadi biokatalisator dalam proses memperbaiki sifat fisik tanah (struktur dan tekstur), biologi dan kimia. Sehingga lahan menjadi sehat dan subur sebagai media tumbuh bagi tanaman.  

Berikut, Eco Farming dapat menekan kebutuhan pupuk lainnya sampai 25 persen bahkan Nol persen. Sehingga bisa menjadi alternative pengembangan produksi pertanian sehat  ramah lingkungan. Penggunaannya menjadi lebih praktis, efektif, efisien, dan ekonomis (menghemat biaya pemupukan).

Eco Farming Punya Dua Fungsi Utama

Eco Farming, sebut Zulkifli, memiliki 2 (dua) sasaran utama. Yakni pertama, memperbaiki struktur dan tekstur tanah (sifat fisik tanah) dan biologi dan kimia tanah. Sehingga lahan menjadi sehat dan subur sebagai media tumbuh bagi tanaman.

Kedua, menyediakan nutrisi atau unsure hara tanaman lengkap. Sehingga tanaman akan tumbuh normaldan sehat serta akan menghasilkan produski panen optimal bahkan maksimal (minimal 6 kali/musim sesuai siklus hidup tanaman).

“Manfaat utama Eco Farming menjadikan tanah subur kembali sebagai media tumbuh. Dan tanaman yang tumbuh berkembang diatasnya akan normal dan sehat,”tegas Zulkifli.

Menjawab bagaimana cara memperoleh produk Eco Farming, pengusaha asal Aceh ini mempersilahkan para pihak yang membutuhkannya, mendatangi Zulkifli selaku Agen Penyalur, dengan alamat : Kelurahan Solor Kecamatan Kota Lama, Kupang Provinsi NTT. Atau menghubungi melalui telpon seluler (handphone/HP) dengan nomor 081238460806.

Soal harga, tambah Zulkifli, per paket basic (1 HU) sebesar Rp 1.600.000,- mendapat 8 (delapan) box. Dari 8 box ini bisa digandakan penggunaannya dengan cara yang sangat mudah. Formulasi aplikasi Eco Farming untuk tanaman padi sawah dengan luasan 1 hektar dibutuhkan 10 tube. Dimana 10 tube dilarutkan terlebih dahulu dengan 10 liter air minimum 15 menit sebelum aplikasi semprot. Semakin lama dilarutkan semakin baik. Apabila larutan Eco Farming disimpan dalam waktu lama bisa ditambahkan molase (air tetesan tebu) atau air gula 10 persen dari volume larutan tersebut.

Selamat mencoba, pesan Zulkifli, setelah mengambil paket basic dengan harga dan jumlah box seperti tertera diatas. Berapapun jumlah box pesanan anda, kami siap melayani dan dikirim ke alamat yang dituju. Penjelasan yang lebih detail, ikuti ulasannya (bagian 2) dari tulisan ini. Dan atau  kami siap turun ke lokasi. (bersambung). +++ marthen/citra-news.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *