Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini

UNBK di SMKN 5 Kupang Jauh Lebih Baik Tahun Sebelumnya

CitraNews

Dra. SAFIRAH Cornelia Abineno. Doc. CNC/marthen radja-Citra News.

Masalah suspek Covic-19 (virus corona) tidak sedikitpun berpengaruh terhadap pelaksanaan UNBK khususnya di SMKN 5 Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Citra-News.Com, KUPANG – ADALAH Pengawas Pembina di SMKN 5 Kupang, AGUS Ahab, S.Pd, M.Pd memberikan kesan positif terhadap pelaksanaan UNBK. Menurutnya, pelaksanaan UNBK tahun 2020 di SMKN 5 Kupang khususnya, jauh lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

“Sayakan sering ke sekolah ini dan hampir setiap kali pelaksanaan UNBK atau UN (ujian nasional) saya selalu pantau pergerakannya. Kalau saya mau bandingkan pelasanaan UNBK tahun 2020 ini jauh lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Ini sesungguhnya kerja baik dan tertib manajemen dari ibu kepala sekolah. Manajemen penatalaksanaan pendidikan di sekolah kuncinya tanggung jawab ada di kepala sekolah,”demikian Ahab saat diwawancarai awak media Citra-News.Com di Kupang, Timor Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis 19 Maret 2020.

Baca Juga :  GIDI Pertama Ada di NTT, Bupati RHP Beri Apresiasi Untuk JERIKO

Dia menjelaskan, prosedure operasional standar (POS) pelaksanaan UN berbeda-beda setiap tahunnya. Masuk dalam rangkaian UN adalah ujian akhir sekolah (UAS), UNBK, dan paling penting bagi SMK adalah UKK (Ujian Kompetensi Keahlian).

Baca Juga :  PPKM KOTA Kupang TURUN Level TIGA Tapi Terbatas

“Perlu diketahui di SMK ada 146 jurusan dengan masing-masing karakternya. Jurusan atau kelompok kalau dalam sertifikat kompetensi oleh LSP disebut Party. Pelaksanaan UKK bisa berlangsung bulanan. Karena masing-masing peserta di momentum UKK itu berunjuk keahlian yang selama itu dia praktekan,”kata Ahab.

Baca Juga :  TOMMY Soeharto Instruksikan Kader BERKARYA Dukung PRABOWO

Untuk SMKN 5 Kupang yang punya jurusan salah satunya Otomotif, sambung Ahab, saat UKK siswa harus bisa merakit sesuatu apa yang terjadwalkan. Dan satu materi ujian bisa saja lebih dari dua hari prosesnya baru selesai. Oleh karena itu tidak bisa seminggu, dia paling cepat dua minggu dan paling lambat dua bulanan.  Makanya kenapa ada SMK yang melaksanakan UKK mendahului UN yang lainnya. Karena memang butuh proses.

Peserta UNBK 327 Orang