Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini

Rahasia di Balik KEBUN KANTOR Gubernur NTT ‘Berhias’ (Bagian 1)

CitraNews

GODLIEF Elliek, SE, M.Ec.Dev. Doc.marthen radja/citra-news.com

Kepala Biro Umum Setda Provinsi NTT, GEORGE Hadjoh dan perangkatnya ‘menyulap lahan tidur’ menjadi kebun kantor bernuansa pariwisata (eco office). Para tenaga honorer mendandaninya dengan tanaman pertanian dan aneka tanaman bunga. Begini rahasianya….

Citra News.Com, KUPANG – HALAMAN kantor Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) belakangan ini tampak asri. Gedung kantor yang dibangun berbentuk Sasando (alat music khas dari Kabupaten Rote Ndao) itu kini disinari cahaya gemerlap oleh lampu-lampu taman yang tertata secara apik.

Lahan kosong dan gersang yang selama ini berharap musim hujan turun baru ditanami jagung, ia kini berubah menjadi kebun sayur dan kebun bunga. Aneka tanaman pertanian holtikultura juga berjenis-jenis bunga dibudidayakan di area lahan yang ada. Pandangan mata yang sebelumnya lelah oleh kegersangan kini kembali berbinar melihat hijauan tanaman yang tertata apik.  Pemandangan akan lebih mengasyikkan kala senja menjelang malam.

Baca Juga :  Kisah SUKSES Antonius Dibalik TOPANGAN Bank NTT di Desa NAPAN

Karo Umum Setda Prov, NTT, GEORGE Hadjoh,  (kiri) dan RUBEN Hedo melayani pesanan sayur dari seorang ASN produksi ECO Office di kawasan Timur Kantor Gubernur NTT, Jl.El Tari kota Kupang-Timor NTT usai berkantor, Rabu 19 Agustus 2020. Doc marthen radja/citra-news.com

Para pegawai keluar kantor langsung menjemput pesanan sayur atau bunga yang diingini. Bahkan warga masyarakat umum lainnya datang ke tengah taman dan berselfiria. Apalagi di malam hari walau dibatasi jumlah orang dan jam kunjungan oleh Polisi Pamong Praja tapi halaman kantoir Gubernur NTT di bilangan Jalan El Tari Kota Kupang ini tidak pernah sepi. Balutan cahaya lampu berpadu hijauan tanaman seakan mampu merangsang sukma insan ibukota untuk datang mengaso sekaligus mendapuk inspirasi.

Baca Juga :  ROMA’ Ditaburi Nuansa BUDAYA SIKKA

“Biro Umum saat ini  terus menata area Kantor Gubernur NTT menjadi kawasan eco office. Kita tidak saja bangun taman-taman yang dilengkapi patung-patung miniature obyek wisata di seputar NTT. Tapi juga mengolah dan mendayagunakan lahan-lahan kosong area kantor dan menanaminya dengan tanaman holtikultura. Serta membudidaya aneka tanaman hias (bunga). Para tenaga honor dan cleaning service di kantor gubernur ini sebagai petani holtikulturanya,”demikian GEORGE Hadjoh, Kepala Biro (Karo) Umum Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi NTT ketika ditemui awak citra-news.com di Kupang pecan lalu.

Baca Juga :  JURNALISTIK dan Organisasi PROFESI (Bagian 2- Habis)

Sesepuh Sorintji Kempo ini mengatakan, Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat mengajak semua elemen masyarakat untuk terus bekerja keras membangun daerah ini. ‘NTT Bangkit Menuju Sejahtera’ sesungguhnya adalah ajakan kepala daerah agar berubah mindshet (pola pikir) dan pola tindak kita. Dari pola kerja yang biasa-biasa saja ke kerja keras atau kerja luar biasa. Dari pola pikir yang sederhana harus berubah ke pola pikir yang lebih maju.