Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini

AWPI Jembatan Informasi Publik Era Milenial

CitraNews

“Keterpanggilan ini diamini organisasi yang bernama AWPI. Untuk Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) kami diberi mandat oleh Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Wartawan Profesioal Indonesia (DPP AWPI) menjadi pengurus AWPI tingkat Provinsi, dengan sebutan Dewan Pimpinan Daerah (DPD). Dan saya dipercayakan sebagai Ketua DPD AWPI Provinsi NTT,” jelas Sam.

Adapun Surat Keputusan (SK) kepengurusan DPD AWPI tingkat Provinsi NTT diterbitkan oleh DPP AWPI, ditetapkan di Jakarta tanggal 21Mei 2021 dengan Nomor: 196/SK/KII-JB-53/ES/D/DPP-AWPI/V/2021. Tentang Pengangkatan Pengurus Dewan Pimpinan Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur periode 2021 – 2026..

Menjawab program kerja DPD AWPI NTT, Ketua Yayasan UPG 1945 Kupang ini mengatakan, setelah mendapat mandat kami bentuk pengurus organisasi ini. Didalamnya ada Dewan Pembina, Dewan Penasihat dan Dewan Pengurus. Juga dilengkapi biro-biro dalammana masing-masing biro harus menyusun program kerja.

Baca Juga :  Hasil KERJA Pemerintah NTT Menggembirakan

Sam juga mengingatkan para pengurus untuk bekerja maksimal sesuai bidang tugasnya masing-masing. Hasil laporan dibuat aecara berkala dan dilaporkan ke DPP AWPI, pinta dia.

Bentuk DPC AWPI Kabupaten/Kota

Baca Juga :  DESA Garda TERDEPAN Perkuatan EKONOMI Nasional

Dalam rapat perdana DPD AWPI NTT yang digelar di Aula UPG’45 Kupang, Sam Haning yang saat ini menjabat Komisaris Utama PT Flobamor menjelaskan, struktur dan program kerja DPD AWPI NTT.

“Kita punya program dan rencana kerja ke depannya. Diantaranya pembentukan DPC AWPI di kabupaten/kota se-provinsi NTT. Kemudian pelatihan jurnalistik. Itu hal penting, karena menyangkut profesionalitas wartawan dalam mengeksplorasi informasi publik,”kata Sam dalam Rapat di Aula UPG’45 Kupang, Jumat 4 Juni 2021.

Di era milenial saat ini komunikasi dan informasi sulit dibendung. Keterbukaan informasi dan komunikasi publik ini kemudian menjadi sasaran pers dan disalurkan melalui media massa. Entah media cetak, elektronik, juga media cyber.

Baca Juga :  Bupati ROBBY Gelar TINJU Profesional WBC di Maumere

Dikataknnya, Spirit AWPI adalah mengawal kebebasan pers (pers guard) sesuai UU Pers No. 40/1999. Di era milenial saat ini kebebasan pers sulit dibendung. Semua komunikasi dan informasi telah dikemas para jurnalis  menjadi berita dan dipublikasikan secara meluas. Yang sudah tentu tidak  mengesampingkan azas,  prinsip,  dan etika pers.