PENTING Usia Sekolah Dibekali Pengetahuan P4GN Agar Mawas Diri

Dokter HERMANUS Man-Wakil Wali Kota Kupang  dalam giat P4G di Neo Aston Hotel Kupang,  Timor NTT, Rabu 15 September 2021. Doc. citra-news.com/humaskotakpg

Herman : Strategi yang dilakukan oleh pemerintah dalam pencegahan dan penyalahgunaan narkoba di lingkungan pendidikan adalah melalui pengembangan manajemen berbasis sekolah.

Citra-News.Com, KUPANG – WAKIL WALI Kota Kupang, dr. HERMANUS Man mengatakan, pengetahuan tentang P4G penting ditanamkan lebih dini bagi anak usia sekolah.

Hal itu diungkapan Wakil Wali (Wawali) Kota Kupang, dokter Herman saat Rapat Kerja (Raker) Pemberdayaan Masyarakat Anti Narkoba di lingkungan Pendidikan di Kota Kupang, Rabu 15 September 2021.

Menurut dia, terdapat 3 (tiga) pilar yang mendukung penyelenggaraan pendidikan. Yakni Pemerintah, Sekolah dan Masyarakat/Keluarga.

Masing-masing pilar tersebut memiliki peran dalam pembentukan kecerdasan peserta didik dan pembentukan karakter.

Diketahui kegiatan Raker yang berlangsung di Hotel Neo Aston Kupang tersebut dibuka secara langsung oleh Kepala BNN Kota Kupang, LINO Do R. Pereira, S.H.

Kegiatan akbar ini melibatkan narasumber utama (keynote speaker) Wakil Wali Kota Kupang, dr. Hermanus Man. Dan dihadiri oleh 20 orang Kepala Sekolah SMP se-Kota Kupang sebagai peserta.

Adapun materi yang dibawakan WAwali Herman berjudul, Strategi Pemberdayaan Masyarakat di Lembaga Pendidikan dalam Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN). Berlandaskan pada Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Turut dibahas Undang-undang Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dan Perda Kota Kupang Nomor 7 tahun 2016 tentang penyelenggaraan pendidikan.

Terkait penyalahgunaan narkoba, beber dokter Herman, terdapat beberapa faktor penyebab yang berasal dari diri sendiri, lingkungan, keluarga maupun secara kelompok atau sindikat.

Di lingkungan pendidikan, lanjut dia, ada beberapa pihak berpeluang menjadi agen penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba. Antara lain kepala sekolah, guru (termasuk pegawai dan penjaga sekolah), orang tua siswa, siswa dan pihak lain yang mempunyai hubungan dengan sekolah.

Lebih lanjut pasangan WalI Kota Kupang Jefri Riwu Kore ini menjelaskan, terkait strategi yang dapat dilakukan oleh pemerintah dalam pencegahan penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang (Narkoba) di lingkungan pendidikan adalah melalui pengembangan manajemen berbasis sekolah.

“Dalam upaya cegah dini menghadapi persoalan P4G, pemerintah punya strategi. Seperti persiapan lingkungan yang mendukung, pengembangan kemitraan dan melakukan monitoring serta evaluasi,” kata Herman.

Selain itu, tambah dia, perlu dilakukan strategi pemberdayaan antara lain komitmen diri untuk menjaga dari penyalahgunaan narkoba, membuat regulasi anti narkoba di lingkungan pendidikan, saling berkonsolidasi antara pemerintah, swasta dan masyarakat, serta mewujudkan lingkungan pendidikan yang bersih narkoba serta deteksi dini.

Dalam siaran pers bagian Humas Setda Kota Kupang yang diterima portal berita citra-news.com melalui pesan WhatsApp, Kamis 16 September 2021, bahwa Raker Pemberdayaan Masyarakat Anti Narkoba di lingkungan Pendidikan di Kota Kupang tersebut merupakan kerjasama Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang melalui Dinas Pendidikan dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Kupang.

Di akhir materi dokter Herman menyampaikan beberapa langkah tindak lanjut. Diantaranya, melaksanakan kegiatan program P4GN di lingkungan lembaga pendidikan dalam setiap bentuk kegiatan siswa. Guna mewujudkan warga sekolah bebas narkoba.

Berikut, melakukan pengawasan terpadu di lingkungan pendidikan baik secara internal maupun eksternal untuk meminimalisir penyalahgunaan narkoba.

Dan mengedepankan pendekatan preventif serta rehabilitasi melalui BNN terhadap segala bentuk penyalahgunaan narkoba di lingkungan pendidikan.

Serta, bersama-sama dengan instansi terkait melaksanakan kegiatan asistensi terhadap implementasi program P4GN secara berkala di lembaga pendidikan. +++ citra-news.com/PKP_chr

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *