Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini

Dekranasda NTT Merubah POTENSI Jadi Sumber EKONOMI Baru Masyarakat 

CitraNews

Tujuan awalnya, jelas Kristo, sekadar memperkenalkan hobi dunia bonsai ke khalayak khususnya pengunjung yang datang ke NTT khususnya Kota Kupang. Tapi dalam perjalanan usaha ini ternyata mendapat apresiasi dari Drkranasda NTT. Sehingga di momentum Hari Sumpah Pemuda kami berkolaborasi dengan Dekranasda NTT menggelar pameran ini.

“Iya dengan menggandeng Dekranasda NTT, paling tidak bukan lagi sekadar hobi bonsai. Tapi bisa menghidupkan UMKM yang pegiat Bonsai,”ungkap Kristo.

Wawin menambahkan, ada berbagai jenis macam bonsai yang ikut dalam pameran ini. Dengan harga bervariasi terendah Rp 500.000. Tertinggi seratus juta tergantung jenis tanaman dan ukurannya.

Baca Juga :  Produk K-13 MENUNTUT Siswa AKTIF Tapi Guru Harus KREATIF

“Bonsai paling mahal adalah Anting Putri, pernah mengikuti kontes di Jawa dengan patok harga mencapai Rp 100 juta. Yang ada di pameran kali ini semua bonsai dari tanaman lokal. Ada yang dari luar beberapa, tapi kita fokus pada tanaman lokal,” jelasnya.

Pria yang mengaku asal Lembata ini mengatakan, Dekranasda NTT selain mengoptimalkan seni budaya, kuliner serta pariwisata. Tapi juga kreativitas dalam berwirausaha seni membuat bonsai.

Baca Juga :  Bunda JULIE Laiskodat di MATA Mahasiswa STIKOM Uyelindo Kupang

“Syukur dan terima kasih untuk Dekranasda NTT. Sehingga hari ini pameran bonsai bisa terlaksana. Perhatian yang luar biasa dari Dekranasda NTT, kami jadi partner dalam kegiatan pameran 1000 Bonsai ini,” ucapnya.

Kristo menambahkan, bonsai yang dipamerkan memiliki harga yang bervariatif, mulai dari puluhan ribu, ratusan ribu, hingga puluhan juta rupiah.

Baca Juga :  Seribu TIILANGGA Bangkitkan Kesadaran Cinta Warisan BUDAYA Leluhur NTT

“Kalau harga termahal adalah tanaman jenis anting putri yang pernah mengikuti kontes di Jakarta. Jadi kita lihat saja. Apakah pameran kali ini ada yang belanja dengan nilai tertinggi,” terangnya.

Selain pameran bonsai, Koboi Kupang menyiapkan bibit, peralatan dan perlengakapan bonsai untuk para pengunjung dan pecinta bonsai.

“Buat teman-teman pecinta bonsai yang ingin belanja bonsai atau peralatan dan bibit, silahkan datang ke Koboi Kupng,” ucapnya bernada promotif. +++ marthen/citra-news.com