Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini

AHMAD Klaim DESA Compang Ndejing BINAAN Bank NTT SENTRA JAGUNG di Manggarai Timur

CitraNews

Pius Rengka, (ke-6 dari kiri ) Tim Juri Festival Desa Bunaan Bank NTT dan Festival OPAD Tahun 2022 foto bersama Kelompok UMK Nekalos Desa Compang Ndejing Kabupaten Manggarai. Doc. citra-news.com/detakpasifik.com

Bermitra dengan Bank NTT permudah kelompok UMKM untuk mengakses pemasaran produk usaha.

Citra News.Com, BORONG – KEPALA Desa Compang Ndejing, AHMAD Jabur mengklaim desanya sangat potensial untuk pengembangan tanaman jagung dan holtikultura.

Baca Juga :  Bupati LENS Haning Terima Anugerah INOVASI TOP 99

Dia menyebutkan, ada 756 Hektar (Ha) hamparan lahan di desa itu ditanami jagung. Dari luas tersebut, 37 petani telah bergabung mengikuti sistem pola kemitraan Tanam Jagung Panen Sapi (TJPS) dengan Bank NTT.

Demikian juga semua jenis tanaman hortikultura kini baru tergarap 100 Ha. Praktis kebutuhan sayur-sayuran di pasar Borong, ibu kota Kabupaten Manggarai Timur disuplai antara lain dari Desa Binaan Bank NTT itu.

Baca Juga :  Manuk : WAJIB Sumbangkan DANA Desa Untuk Program PKK

Desa Compang Ndejing berpenduduk 2.537 jiwa atau 578 kepala keluarga (KK) itu, sesungguhnya memiliki potensi lahan potensi yang lebih luas dari yang disebutkan.

Sejak digelorakan program Tanam Jagung Panen Sapi (TJPS) oleh Gubernur dan Wakil Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat dan Josef Nae Soi, pihaknya antusias menyambut program bijak ini.

Baca Juga :  Penambang Pasir TEWAS Terkubur Tanah Longsor

Menurut Ahmad, Desa Compang Ndejing memiliki empat potensi unggulan yang dioptimalisasi untuk memperkuat ekonomi rakyat. Keempat potensi itu masing-masing, jagung, tanaman hortikultura, persawahan (lahan basah) dan destinasi wisata Ligota Beach.