Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini
Polkam  

Difasilitasi BANK NTT 2000 SISWA Lulusan SMA dan SMK Segera Diterbangkan ke JERMAN

Reporter: Marthen RadjaEditor: Redaksi
CitraNews

“Pada tanggal 3-5 April kemarin bersama 40 kepala sekolah yang ada, kami telah melakukan meeting bersama secara daring. Program kerjasama Pemerintah NTT dengan pemerintah Jerman ini, nanti pada tanggal 2 Mei 2023 akan ada MoU antara Bapak Gubernur NTT dengan Yayasan Global Katalyst e-V di Jerman. Yaitu orang-orang Indonesia yang ada di Jerman atau diaspora di Jerman yang memberikan perhatian dan mendukung kerjasama untuk dilakukan kegiatan belajar sambil bekerja bagi anak-anak di Nusa Tenggara Timur,” jelas Alex.

Baca Juga :  Gubernur VIKTOR Sebut VISI-nya Relevan Bambu Runcing

Menurut dia, ada 2.000 siswa yang diberikan kesempatan untuk diberangkatkan ke Jerman. Difasilitasi Bank NTT seleksinya akan segera kita mulai. Untuk hal ini Bank NTT bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT.

“Kami juga sudah minta ijin kepada bapak gubernur bahwa dari 2000 lulusan SMK/SMK, khususnya untuk Kabupaten TTS disediakan kuota lebih kurang 600 anak muda”, tandasnya.

Adapun jasa (kompetensi, red) dari para lulusan SMK/SMK yang disediakan untuk kebutuhan pemerintah Jerman, tambah Alex, baik untuk jasa yang krusial maupun teknis.

Baca Juga :  2,2 Juta Nomor Seluler Pakai Satu NIK

Kompetensi dimaksud, sebut Alex, mulai dari bidang perhotelan, restoran, chef, disain interior, konsultan pajak, asuransi, kedokteran.

“Selain jasa tersebut diatas juga jasa di bidang tehnik lainnya. Termasuk arsitektur, informatika, teknik Sipil serta teknologi lainnya yang dibutuhkan untuk membangun Provinsi NTT khususnya Kabupaten TTS”, pungkasnya.

On The Job Training

Seperti diberitakan sebelumnya, Kepala SMKN 4 Kupang, SEMY Ndolu mengatakan, Program Ausbildung, demikian Semi, merupakan sebuah sistem pendidikan vokasi di Jerman yang menerapkan konsep On The Job Training.

Baca Juga :  DPRD NTT Mengedepankan Budaya Kerja Bermutu

Dimana pesertanya dapat kuliah dan berkerja dengan mendapatkan penghasilan tambahan antara Rp16-30 juta rupiah per bulannya sesuai bidang keahlian (kompetensi) yang digeluti.

Khususnya untuk SMKN 4 Kupang, jelas Semi, telah menandatangi kerjasama Pembukaan kelas Internasional bersama Director of Strategic Partnership Global Katalyst e.V Stuttgart-Jerman, Doddy Primanda Kadarisman.

Sumber: Biro Administrasi Pimpinan Setda NTT dan Semy Ndolu
Disclaimer: Artikel Ini Merupakan Kerja Sama CitraNews.Com Dengan Ausbildung Partnership Programme, Pemerintah Jerman, Bank NTT. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Ausbildung Partnership Programme, Pemerintah Jerman, Bank NTT.