Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini

KPPS Jadi Ujung Tombak Memastikan DEMOKRASI Yang JURDIL

Reporter: Marthen RadjaEditor: Dedy -Rumah Web Jakarta
CitraNews

Kika : Renol Tuan, Marlen Tuan, Messak Natbais, dan Danial (Denny) Patty. Doc.citra-news.com/ Sekretariat PPS Bello

Messak Natbais : KPPS sebagai penyelenggara Pemilu bukan Timses (Tim Sukses) dari oknum Caleg atau PPWP dan Parpol tertentu

Citra News.Com, KUPANG – DALAM setiap Pemilu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) memiliki peran yang vital dalam menjamin kelancaran dan keberlangsungan proses demokrasi.

Untuk lebih menjaga stabilisasi dan kelancaran dalam mengurus proses demokratisasi di Pemilu tahun 2024 ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) kembali merapatkan barisan dengan membentuk beberapa elemen vital hingga ke tingkat masyarakat basis di RT/RW.

Baca Juga :  BENAR Kabid Dikmen Minta HABISKAN Uang 100 Juta

Salah satu elemen penting dari KPU adalah Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Dimana KPPS memiliki tugas dan kewenangan yang tidak bisa diremehkan.

Demikian Marlen Tuan – Ketua PPS (Panitia Pemungutan Suara) Kelurahan Bello, saat membuka kegiatan Bimtek, Sabtu 27 Januari 2024.

Giat Bimbingan Teknis (Bimtek) tersebut dilaksanakan di Gereja Kristen, Effata Bello dan dihadiri 147 anggota KPPS se-Kelurahan Bello Kecamatan Maulafa, Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Baca Juga :  UNIK, Bunda JULIE Laiskodat TOS Kenegaraan Pakai TUAK Manis Dalam HAIK

“KPPS adalah elemen vital dan ujung tombak dalam melaksanakan proses demokrasi yang jujur, adil, dan lancar (Jurdil). Jika melanggar ketentuan yang berlaku maka selaku penyelenggara dapat dikenakan sanksi pidana atau dipenjara”, tegasnya.

Pelaksanaan Bimtek tersebut tidak saja sekadar menghabiskan agenda dan anggaran negara. Akan tetapi lebih pada mengedukasi para peserta serta pemahaman yang lebih mendalam tentang peran sentral dari anggota KPPS.

Dengan kata lain adanya penguatan kapasitas (capassity building) tentang peran, kedudukan, dan fungsi anggota KPPS dalam mengawal pesta demokrasi ditengarai mampu menangkal permasalahan yang terjadi saat Pemilu.

Baca Juga :  HAK Politik PNS Sebaiknya DICABUT Saja

Terpantau awak Portal Berita citra-news.com hadir pada kesempatan itu, selain Marlen Tuan (Ketua PPS) juga hadir dua anggota lainnya sebagai pemateri. Yakni Renol Tuan dan Messak Natbais.

Turut hadir Sekretaris PPS,
Deny Patty dan Anggota PPK Kecamatan Maulafa, Vita Maningala. Serta Yandri selaku Kamtibmas Bello dan tamu istimewa dari PPS Kelurahan Sikumana.