Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini

Pulau SEMAU, Pilot Project Penebaran Benih Ikan Kakap dan Kerapu di NTT

CitraNews

Khususnya di lokasi yang jadi pilot project pembibitan ikan kakap dan kerapu di Pulau Semau, sambung dia, awalnya  benih ikan yang berkualitas internasional ini kita tebar dengan ukuran kecil-kecil. Akan tetapi bapak gubernur berharap kembangkan benih ikan dengan ukuran lebih kurang 10 cm. Sehingga dalam tempo 8 (delapan) bulan sudah bisa dipanen.

Baca Juga :  Lurah BATMALO Pastikan Bantuan PEMKOT Kupang Tepat Sasaran

Menurut Ganef, benih ikan kerapu dan ikan kakap yang sedang dikembangkan di Pulau Semau tersebar di 9 (sembilan) keramba. Sebagai pekerja sekaligus pengawas adalah kelompok masyarakat lokal yang ada. Karena spirit yang kaita bangus adalah pemberdayaan masyarakat maka masyakarat harus dapat nilai manfaat dari pilot project ini.

“Kalau satu keramba ada 10 pekerja maka sebanyak 90 orang pemerintah membantu memberdayanya secara ekonomi. Karena kita berikan insentif per orang Rp 2,5 juta maka secara tidak langsung telah menampung tenaga kerja kita,”tandasnya.

Baca Juga :  Bumdes MAJU BERSAMA Pasok Telor Ayam Untuk Hari Raya

Siap Panen Pertengahan Desember 2020

Khususnya benih ikan yang ditebar di Teluk Wae kelambu sebanyak 1.120 ribu ekor. Jika pun ada gangguan dan lain-lain dan mati sekira 5 persen maka yang masih tersisa sekitar 80 ribu ekor. Dan ini pasti siap panen. Oleh karena sistem pengembangannya dengan sinersing artinya ditebar di keramba dan dipanenpun pada keramba.