Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini

NTT -Nusa Tangguh Tumbuh- MELAWAN Musuh ENDEMIK

CitraNews

llustrasi Gubernur dan Wakil Gubernur NTT, VIKTOR Bungtilu Laiskodat dan JOSRF Adrianus Nae Soi. Doc. citra-news com/istimewa

Ditengah pandemi Covid19 Pemerintah Provinsi NTT berkomitmen untuk tetap fokus melawan musuh endemik yang sekian lama membelenggu. Musuh Endemik apa saja?

Citra-News.Com, KUPANG – MEMAKNAI Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan Negara Republik Indonesia, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur mengajak masyarakat NTT untuk tetap membangun sikap optimisme.

Adalah fakta bahwa munculnya pandemi Covid-19 di Indonesia pada Maret 2020, sejak itu pula peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan RI dirayakakan secara sederhana dengan protokol kesehatan yang ketat.

Dalam momentum peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI, Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTT mengajak seluruh masyarakat NTT untuk meninggalkan rasa takut yang berlebihan dan tetap membangun sikap optimisme.

“Saya menghimbau kepada semua lapisan masyarakat Nusa Tenggara Timur di mana-pun berada, agar meninggalkan ketakutan berlebihan terhadap ancaman covid-19. Mari kita mulai membangun kepercayaan diri untuk kembali kerja produktif dengan memperhatikan protokol kesehatan. Orang yang dipenuhi rasa takut berlebihan adalah ciri orang yang hidup tanpa harapan. Marilah kita memelihara sikap optimis dan positif untuk memerangi virus ini dengan disiplin dan hidup solider dengan sesama,” demikian Wakil Gubernur (Wagub) NTT, Josef Nae Soi saat menyampaikan Pidato Radio Gubernur Nusa Tenggara Timur, dalam rangka memperingati HUT ke-76 Proklamasi Kemerdekaan RI tingkat Provinsi NTT, di ruang rapat Asisten, Senin 16 Agustus 2021.

Baca Juga :  Peluang SMKN di Momentum PPDB System Online NON ZONASI

Diketahui, dalam pidato radio dan disiarkan secar langsung RRI Kupang ini, diikuti secara virtual (Daring) oleh seluruh pimpinan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan kalangan media massa.

Wagub Nae Soi menegaskan, komitmen Pemerintah Provinsi di tengah pandemi Covid19, untuk tetap fokus melawan musuh endemik yang sekian lama membelenggu. Musuh endemik dimaksud adalah kemiskinan, kebodohan, dan keterbelakangan. Ia harus dilawan dengan memanfaatkan segala kekayaan sumberdaya yang dimiliki oleh masyarakat NTT.

Baca Juga :  Umat HINDU Kota Kupang Pawai OGOH-OGOH Warnai Hari Raya NYEP

Dia mengatakan, untuk mengatasi pandemi Covid19 ini, Pemprov NTT terus giat melakukan promosi, pencegahan, penanganan, perawatan dan rehabilitasi kesehatan dengan membentuk Gugus Tugas COVID-19 dan memberdayakan rumah sakit yang ada di seluruh kabupaten/kota. Juga melakukan refokusing dan realokasi anggaran selama 2 (dua) tahun ini untuk penanganan Covid-19.

Endemik Itupun Kian Redup

Dalam pidatonya Wagub Nae Soi mengemukakan derap pembangunan yang sudah, tengah, dan akan dilaksanakan. Menggapai Visi pembangunan ‘NTT Bangkit Menuju Sejahtera’ beberapa sektor pembangunan terus menggeliat. Dan sektor-sektor yang dibeberkan dalam pidato radio ini dipandang sebagai sektor vital dalam mendukung penurunan angka endemik yakni kebodohan, kemiskinan, dan keterbelakangan.

Baca Juga :  Dawai HUT NTT ke-61 MENGGETAR Kalbu (Bagian-3 habis)

Pembangunan di bidang kesehatan, kata Wagub Nae Soi, kita patut berbangga dengan upaya Pemberian Makanan Tambahan (PMT) untuk ibu hamil Kurang Energi Kronis (Bumil KEK) dan Balita KEK di 22 Kabupaten/Kota, kita telah berhasil menurunkan angka stunting secara cukup signifikan dari 35,4 persen pada 2018 menjadi 30 persen pada tahun 2019 dan 24,20 persen pada tahun 2020. Serta konsisten penurunan 23,20 persen berdasarkan data stunting periode pertama bulan Februari tahun 2021.

Sementara di bidang pendidikan, Pemprov NTT terus berupaya meningkatkan kesempatan masyarakat untuk mengenyam pendidikan yang berkualitas. Melalui peningkatan Angka Partisipasi Kasar (APK) dan Angka Partisiapsi Murni (APM) pada setiap jenjang pendidikan. Berikut, peningkatakan akreditasi sekolah serta revitalisasi sarana dan prasarana sekolah.