Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini

Gerakan MENANAM Pohon Bentuk MITIGASI Iklim Global

CitraNews

FERDY Kapitan menyerahkan anakan kepada Wakapolda NTT, JOHNY Asadoma untuk ditanam pada Jumat, 10 Januari 2020. Doc. CNC/marthen radja-citra-news.com.
Rudi Lismono : Kegiatan penanaman pohon tidak sekadar pelestarian lingkungan hidup. Lebih dari itu ikut serta mengurangi efek rumah kaca sebagai salah satu bentuk mitigasi adanya iklim global. Juga mengurangi degradasi lahan kritis.
Citra-News.Com, KUPANG – KEPALA DINAS Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Ir. FERDY J. Kapitan, M.Si mengatakan, Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur (Polda NTT) berinisiasi menggerakan semua elemen masyarakat melakukan penanaman pohon secara massal. Lokasi kegiatan tersebut terpusat di Jalur 40 dengan titik star di Patung Burung Garuda Bolok Kabupaten Kupang Provinsi NTT.
“Hari ini telah dilakukan penanaman pohon secara massal berlokasi di Jalur 40. Semua elemen masyarakat mengambil bagian turun ke lokasi melakukan penanaman anek jenis pohon. Ini terjadi atas inisiasi Polda NTT sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan hidup. Ada manfaat ganda (multiplier effect) dari menanam. Kita menanam pohon sama dengan menanam air yang berguna bagi kehidupan terutama bagi manusia,”ungkap Ferdy.
Sembari mempersilahkan awak citra-news.com mengkonfirmasi lebih lanjut dengan stafnya di Bidang Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK). Menurut Kepala Bidang Pembinaan LHK, RUDI Lismono, S.Hut, kegiatan penanaman pohon sudah menjadi Gerakan Nasional. Dan sudah memiliki kalender tahunan, dimana setiap tanggal 28 November adalah Hari Menanam Pohon Indonesia.
“Untuk Provinsi NTT khususnya di dinas ini dalam kaitanya dengan Hari Menanam Pohon Indonesia, kegiatan menanam pohon ini sudah menjadi program rutin kami. Bahkan dalam kaitannya dengan pengembangan Kelorisasi program Gubernur saat ini, kita di dinas ini dalam setiap kegiatan yang sifatnya reboisasi itu 10 persennya tanam kelor,”jelas Rudi.
Kegiatan penanaman pohon secara massal hari ini (Jumat, 10 Januari 2020, red). kata Rudi sesungguhnya bagian dari gerakan nasional menanam pohon Indonesia. Karena setelah tanggal 28 November yang diperingati sebagai Hari Menanam Pohon Indonesia, ikutan setelahnya tiba musim hujan. Sehingga ada Gerakan Bulan Menanam Pohon yang diikuti mulai dari tingkat provinsi hingga kabupaten/kota melakukan hal yang sama. Yakni menanam aneka jenis pohon dalam jumlah yang banyak.

Baca Juga :  TJPS Langkah Cerdas Gubernur VIKTOR Sejahterakan Rakyat NTT