Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini
Sosbud  

SMKN 1 Kupang Mengepak Sayap Bisnis ke ALFA Mart Class

CitraNews

Dunia kerja saat ini tidak saja menilik bekal ilmu pengetahuan. Akan tetapi skill (ketrampilan) kerja. Fakta ini menjadikan animo masyarakat lebih memilih mendaftarkan putra/putri mereka ke sekolah menengah kejuruan.

Kupang, citra-news.com – MEMBACA peluang kerja saat ini dimana lebih mengedepankan ketrampilan kerja maka pihak Kementerian Pendidikan Nasional telah merevitalisasi jurusan-jurusan yang sudah ‘out of date’ (tidak sesuai dengan perkembangan jaman).

Hal itu dikatakan Kepala SMKN 1 Kupang, Mathias M. Beeh, ST. PAR, MM kepada citra-news.com saat ditemui diruang kerjanya, Kamis, 25 April 2019.

Baca Juga :  BENCANA Angin ‘Mendera’ EMPATI Wagub JOSEF

Dikatakan, dalam merespon tuntutan jaman ini pada tahun 2015 bagi sekolah menengah kejuruan (SMK), diwajibkan membuka jurusan-jurusan yang sesuai dengan perkembangan jaman (up to date).

Baca Juga :  PENDAMPINGAN Bank NTT Membawa PERUBAHAN Besar di Sektor PADes

“Untuk kita di sekolah negeri, pihak Kementerian Pendidikan mewajibkan kita harus membuka jurusan-jurusan  yang sesuai dengan perkembangan jaman (up to date). Lebih dari itu harus sesuai dengan kondisi masing-masing daerah. Kemudian setelah itu dilakukan penilaian oleh BNSP (Badan Nasional Standar Pendidikan). Setelah melalui proses penilaian yang panjang BNSP kemudian menerbitkan sertifikat kompetensi. Ini sesungguhnya memberikan warning agar orang tidak lagi secara bebas mendirikan sekolah seperti yang dulu,”kata Mathias.

Baca Juga :  Gizi Pangan Memadai Ciptakan SDM Berkualitas

Ketua MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah) ini lebih lajut mengatakan, untuk SMK Negeri khususnya di Kota Kupang, ada 8 (delapan) SMKN dengan punya home base  atau semacam spesifikasi tertentu. Sehingga mudah membedakan antara satu sekolah dengan sekolah lainnya.