Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini

Terutama Bagi Siswa PERPUSTAKAAN Adalah TAMAN BACA

CitraNews

“…Kebiasaan membaca seseorang dapat menimba berbagai pengalaman dan pengetahuan, moral, peradaban, kebudayaan, ilmu pengetahuan dan teknologi yang kian maju dan modern…” Demikian VALERI GURU dalam tulisan Buku berjudul, Perpustakaan NTT Dalam Lintasan Sejarah.

Kupang, citra-news.com – PEMERINTAH dari waktu ke waktu terus-menerus menggelorakan Gerakan Literasi. Yakni sebuah gerakan untuk membiasakan orang agar gemar membaca. Karena membaca adalah satu aktvitas yang memiliki segudang manfaat.

Mengutip tulisan VALERIUS (Very) P. Guru, S.Sos dalam buku, Perpustakaan NTT Dalam Lintasan Sejarah, bahwa manfaat dari membaca antara lain melatih kemampuan berpikir. Otak ibarat sebuah pedang, tulis Very. Semakin diasah akan semakin tajam. Kebalikannya, jika tidak diasah juga akan tumpul. Dengan terus membaca (gemar) otak akan bertambah kuat. Karena itu bacalah buku sebanyak mungkin.

Baca Juga :  BANK NTT Melabuhkan Ekspansi BISNIS Layanan DIGITAL di Waterfront City

Very, ASN yang mengabdi di Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTT ini lebih jauh menulis, membaca dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan. Dengan memiliki banyak wawasan dan ilmu pengetahuan kita akan percaya diri dalam menatap dunia. Karena ilmu pengetahuan adalah ‘jendela dunia’. Terbatasnya jangkauan diri kita terhadap peristiwa-peristiwa di dunia, hanya bisa dijangkau dengan membaca melalui bahan pustaka.

Baca Juga :  Peluang SMKN di Momentum PPDB System Online NON ZONASI

Terkait bahan pustaka ini, Very juga menulis bahwa perpustakaan telah menjadi tempat yang aman dan nyaman untuk menyimpan koleksi bahan cetak dari berbagai pengetahuan. Serta mampu menyediakan infomasi dan referensi yang bermutu bagi public atau pemustaka yang membutuhkannya. Bahkan saat ini berbagai bahan pustaka tersebut tidak hanya tersedia dalam bentuk cetak. Di era teknologi yang serba digital saat ini perpustakaan juga hadir dalam bentuk e-library.  Dimana koleksi bahan pustaka disajikan secara digital untuk dapat diakses kapan saja dan dimana saja. Asal tersedia listrik dan jaringan internet.

Baca Juga :  UPG 1945 MEWISUDA 751 Orang Jadi SARJANA

Dalam kaitannya dengan peningkatan sumber daya manusia maka Gerakan Literasi ini menjadi jembatan menggapai tujuan mencerdaskan anak bangsa. Di lembaga pendidikan formal khususnya, hampir sebagian tingkatan pendidikan memiliki perpustakaan mini (ruang baca). Mulai dari tingkat sekolah dasar sampai sekolah menengah, apalagi lembaga pendidikan tinggi memilkinya.