Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini

Giat LITERASI Cara CERDAS Generasi MILENIAL

CitraNews

Dra. SAFIRAH Cornelia Abeineno, Kepala SMKN 5 Kupang Timor-NTT. Foto diabadikan, Sabtu 29 Juni 2019. Doc. CNC/ marthen radja.

Pendidikan atau belajar seumur hidup (long life education) sangat relevan dengan realita kehidupan jaman now. Pesatnya kemajuan teknologi di era milenial ini ‘memaksa’ kita untuk terus berbenah diri. Caranya? Berikut pemaparan SAFIRAH Cornelia Abineno…

Citra-News.Com, KUPANG – GENERASI MILENIAL Berpadu dalam Literasi dan Budaya – demikian thema dari Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi siswa baru SMKN 5 Kupang, tahun ajaran (TA) 2019/2020.

Thema pokok ini merupakan turunan dari spirit pembangunan, NTT Bangkit Menuju Sejahtera yang digelorakan Gubernur dan Wakil Gubernur NTT, VIKTOR Bungtilu Laiskodat, SH, MSi dan Drs. JOSEF A. Nae Soi, MM. Serta salah satu misi pembangunan Dinas Pendidikan Provinsi NTT yang dikomandani Drs. BENYAMIN Lola, M.Pd yakni Meningkatkan Sumber Daya Manusia.

Terkait thema MPLS tersebut, Kepala Sekolah Menengah Kejuruan 5 Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur, Dra. SAFIRAH Cornelia Abineno mengatakan bagi siswa kata-kata ini mungkin terlalu tinggi untuk dipahami. Namun hal ini sangat penting karena kehidupan di era sekarang ini adalah milik generasi milenial yaitu kalian generasi muda penerus bangsa.

Baca Juga :  RENDAH Penyerapan Anggaran 16 Triliun Lebih di Provinsi NTT

“Generasi Milenial saat ini adalah milik kalian generasi muda. Dan supaya tidak digilas oleh kemajuan teknologi yang begitu pesat dan cepat berkembang saat ini maka kalian harus mampu membudayakan kegiatan literasi baik di sekolah maupun di luar lingkungan sekolah,” demikian Safirah dalam sambutannya membuka kegiatan MPLS siswa baru SMKN 5 Kupang, di bilangan Jalan Nanga Jamal Nomor 1 Naikoten Kota Kupang, Kamis, 11 Juli 2019.

Baca Juga :  Bangkitkan Rasa Cinta Produk TENUN Bank NTT Fasilitasi KELOMPOK Tenun Ikat Desa NGGOREA

Thema MPLS, ‘Generasi Milenial Berpadu dalam Literasi dan Budaya’ terpajang di depan Ruang Kelas Baru (RKB) Gedung Bertingkat SMKN 5 Kupang bernilai Rp 700 Juta lebih dari dana sharing APBN dan Komite Sekolah Tahun 2018 yang belum di-PHO. Doc. CNC/marthen radja

Dikatakannya, Giat literasi dimaksudkan adalah terus menerus membaca kembali catatan tentang materi pelajaran di sekolah. Juga termasuk membaca berita aktual dari berbagai media massa, serta membaca berbagai macam buku literature. Dan kegiatan literasi ini harus dijadikan kebutuhan dan terus membudaya dalam kehidupan kita sebagai siswa yang sementara belajar di sebuah lembaga pendidikan.

Baca Juga :  Bersama Driver AO RIDER Menggapai Batas SELAMAT Hingga Tujuan

“Porsi kalian sebagai siswa adalah belajar dan terus belajar dengan sungguh-sungguh. Terutama giat literasi atau membaca kembali materi pembelajaran di sekolah. Giat belajar adalah kewajiban bagi kalian generasi milenial saat ini. Dengan cara demikian saya pastikan cita-cita kalian akan tercapai, kalau kalian mau dan mampu melaksanakan semua program pembelajaran yang diterapkan di sekolah ini (SMKN 5 Kupang, red),”ungkap Safirah.