Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini

PERSOALAN Terbesar di NTT Adalah PERSAMPAHAN

CitraNews

Ir. FERDY J. Kapitan, M.Si ketika diwawancarai citra-news.com, Kamis 15 Agustus 2019. Doc.CNC/marthen radja.

Permasalahan persampahan seyogianya menjadi perhatian serius elemen masyarakat. Karena berdampak bagi lingkungan hidup terutama bagi manusia. Pemerintah Provinsi NTT menerbitkan Kebijakan Strategi Daerah untuk penanganan sampah rumah tangga dan sampah sejenis rumah tangga.

Citra-News.Com, KUPANG – KEPALA Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Ir. FERDY J. Kapitan, M.Si mengatakan, persoalan besar yang dihadapi pemerintah dan masyarakat saat ini adalah masalah persampahan.

Baca Juga :  Pemuka AGAMA Dapat RUMAH Kredit GRATIS Uang Muka

“Untuk penanganan sampah rumah tangga dan sampah sejenis rumah tangga, pemerintah Provinsi NTT saat ini menerbitkan  Jakstrada (Kebijakan Strategis Daerah). Selain itu kita focus memberi perhatian pada penanganan limbah B3 Medis (Bahan Berbahaya Beracun). Yang ditimbulkan dari pihak rumah sakit, Puskesmas, dan klinik-klinik,”jelas Fredy saat ditemui citra-news.com,  di ruang kerjanya Kamis 15 Agustus 2019.

Baca Juga :  Organisasi PEMUDA Harus Memiliki PROGRAM yang JELAS

Intinya bahwa penanganan sampah adalah kewajiban semua pihak, tegasnya. Pemerintah Provinsi NTT dalam hal ini Gubernur NTT, VIKTOR Bungtilu Laiskodat membuat kebijakan anggaran untuk mendirikan kelembagaan yang menangani pembakaran limbah medis tersebut.

Baca Juga :  AHMAD Klaim DESA Compang Ndejing BINAAN Bank NTT SENTRA JAGUNG di Manggarai Timur

“Iya di perubahan anggaran tahun 2019 kita  diberikan alokasi anggaran untuk mendirikan kelembagaan penanganan sampah medis. Melalui peralatan yang namanya Insenirator. Dengan peralatan yang ada ini kita berharap agar penanganan sampah medis ini juga dilakukan di kabupaten/kota. Bahkan di semua kecamatan atau dimana terdapat pusat-pusat pelayanan kesehatan,”kata Fredy.