Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini

Lurah BATMALO Pastikan Bantuan PEMKOT Kupang Tepat Sasaran

ZET Batmalo, SH, MH saat diwawancarai awak citra-news.com di Kantor Kelurahan Oebufu di bilangan Jl. Amabi Kota Kupang, Timor NTT, Kamis 22 Oktober 2020. Doc.marthen radja/citra-news.com

Yance Ndaumanu : Dampak ikutan dari tidak validnya pendataan warga di tingkat RT/RW adalah banyak bantuan yang tidak tepat sasaran. Dan atau terjadi pendobelan dalam penerimaan jatah bantuan dari pemerintahan setempat.

Citra-News.Com, KUPANG – LURAH OEBUFU Kecamatan Oebobo, Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), ZET Batmalo, SH, MH membantah adanya data warga yang tercecer di tingkat RT/RW.

“Tidak benar kalau sistem pendataan yang dilakukan para ketua RT di Kelurahan Oebufu ini banyak yang tercecer atau tidak valid. Karena sebagian besar ketua RT menerapkan model pelayanan ‘jemput bola’,”ungkap Batmalo saat diwawancarai awak citra-news.com di kantor Kelurahan Oebufu, Kupang, Timor-NTT, Kamis 22 Oktober 2020.

Baca Juga :  JALAN Prioritas SATU Musrenbangdes Watudiran

Lurah Batmalo juga tidak pungkiri bahwa masih ada satu dua Ketua RT yang bekerja setengah hati. Akan tetapi dari 44 RT dan 11 RW di Kelurahan Oebufu ini sudah terdata secara baik. Dia memastikan tingkat  validitasnya data penduduk sudah tidak diragukan lagi. Karena yang didata para ketua RT itu sudah by name by address. Bahkan data foto dari KK (kepala keluarga) yang bersangkutan.

“Soal pendataan warga saya himbau Ketua RT untuk turun langsung mendatanya secara by name by address. Bila perlu dibuktikan dengan data foto KK-nya. Lagi pula kami lakukan sistem pendataannya berlapis. Selain RT turun ke alamat warga, juga pendataan di kantor Lurah saat berurusan soal bantuan dari Pemerintah Kota (Pemkot),”demikian Lurah Batmalo.

Baca Juga :  PELAYANAN Berbasis ONLINE Minimalisir SEBARAN Covid19

Menurut dia, saat ini warga terdampak Covid-19 mendapatkan bantuan dari pemerintah di semua tingkatan. Ada bantuan dari Kemeterian Sosial, bantuan dari DAU yang dikelola elemen pemerintah di daerah. Baik dari pemerintah Provinsi NTT juga terutama dari Pemerintah Kota Kupang. Bahkan ada bantuan berupa natura secara sukarela by person (orang-perorangan) dari anggota DPRD Kota Kupang.

“Jika dalam tatap muka entah masa reses atau kunjungan kerja (Kunker), pemerintah keluarahan juga mendapat semacam pemberitahuan tertulis dari oknum anggota DPRD siapa yang mau berdialog di titik RT mana. Saya juga sering menghadiri undangan jika ada anggota dewan turun ke tengah warga. Sehingga bantuan biasanya berupa natura yang diterima warga. Untuk situasi saat ini bantuan apapun bentuknya memang datang pada saat yang tepat. Dan pada sasaran yang benar  yakni warga terdampak Covid-19,”tandasnya.

Baca Juga :  IJAZAH Bukan Ukuran Tapi SLB Butuh KOMPETENSI

Menjawab implementasi AYO BERUBAH dari seruan moral sang Walikota Kupang, JEFRY Riwu Koreh, menurut Lurah Batmalo diterjemhkan melalui kegiatan program fisik. Dalam mana program pembangunan yang sedang dirasakan warga Kota Kupang adalah lampu jalan, bedah rumah, dan penataan taman. Juga pembangunan fisik jalan kelurahan yang dibiayai dari Dana Kelurahan yang bersumber dari APBD Kota Kupang.