Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini

SISWA di 18 Kabupaten se-NTT BELUM 100 Persen UNBK

CitraNews

Prof. Willy : Masih ada banyak siswa NTT mengikuti Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP). Hal ini merupakan tantangan sekaligus peluang. Semua elemen masyarakat harus peduli dengan upaya-upaya melakukan terobosan-terobosan baru.

Kupang, citra-news.com – PELAKSANAAN Ujian Nasional Berbasis Komputer Sekolah Menengah Kejuruan (UNBK SMK) sudah berakhir  pada tanggal 28 Maret 2019. Sementara dilanjutkan UNBK SMA/MA (Madrasah Aliyah) yang pelaksanaannya terjadwal selama 4 hari. Yakni tanggal 1, 2, 4, dan 8 April 2019.

Dan segera menyusul UN tingkat SMP/MTs khusus untuk Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Papua, dan Provinsi Papua Barat UN SMP/MTs dilaksanakan tanggal 23,24,25, dan 27 April 2019. Sementara provinsi lainnya UNBK SMP/MTs terjadwal tanggal 22-26 April 2019.

Baca Juga :  Munas ADPSI Ajang Promosi Isu NTT ‘Ring of Beauty’

“Kita sudah selesaikan UNBK untuk SMK. Semua sekolah terlaksana secara baik. Meskipun di beberapa SMK ada trouble (gangguan) terkait jaringan. Namun segera diatasi.  Jadi tidak ada siswa yang ikut ujian susulan karena kendala teknis, kecuali karena alasan siswa sakit,”  jelas Drs. Aloysius Min di ruang kerjanya Jumat, 29 Maret 2019.

Baca Juga :  PENGADILAN Agama Kupang NAIK Kelas Perlu Diimbangi Budaya KERJA

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT itu mengatakan, kendala teknis yang terjadi saat UNBK merupakan hal biasa bagi Provinsi NTT yang berwilayah kepulauan ini. Namun kendala teknis terkait jaringan mampu diatasi seketika sehingga tidak menjadi persoalan serius.

Tidak berbeda dengan UN (Ujian Nasiona) tahun-tahun sebelumnya, untuk pelaksanaan Ujian UN pada tahun 2019 (tahun ajaran/TA 2018-19) di Provinsi NTT, tegas Alo, belum 100 persen sekolah yang melaksanakan UNBK. Kendala utama yang dihadapi adalah minimnya peralatan komputer. Selain itu juga soal teknis menyangkut jaringan listrik atau jaringan Telkom.

Baca Juga :  Sugeng : Dari NTT Untuk NDONESIA Bahkan DUNIA

Khusus UN untuk semua tingkatan pendidikan (SMP-SMA/SMK) pada tahun ajaran 2018/2019 se-Provinsi NTT, kata Alo, belum semua sekolah 100 persen  UNBK. Baru ada 4 kabupaten di Provisi NTT yang SMA/SMK-nya sudah 100 persen UNBK. Yaitu Kabupaten Ngada, Nagekeo, Ende, dan Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU).