Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini

Ini RUMAH SAKIT Jadi PUSAT Rujukan Pelayanan Penyakit JANTUNG di NTT

Reporter: Marthen RadjaEditor: Dedy -Rumah Web Jakarta
CitraNews

Kepala Dinas Kesehatan Dukcapil Provinsi NTT, Ruth D. Laiskodat, S.Si, Apt, MM (kiri) mendampingi Pj. Gubernur NTT, Ayodhia G.L. Kalake, SH, MDC (ke-2 dari kiri)  saat melaunching alat kesehatan Kateterisasi Jantung di RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang, Sabtu 09 Maret 2024. Doc. citra-news.com/biro APim setdaprovntt

RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang pada tahun 2023 mencatat sebanyak 248 kasus penyakit jantung koroner (Syndrom Coronaria Acute).

Citra News.Com, KUPANG – PENJABAT Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Timur, Ayodhia G. L. kalake, SH, MDC menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Kementerian Kesehatan dan Rumah Sakit Jantung Harapan Kita serta RSUP Prof. Ngoerah atas dukungan pengadaan peralatan medis dan mentoring pelaksanaan Pelayanan Percutaneous Coronary Intervention (PCI) di RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang.

Baca Juga :  PPKM Level 2 DIPERPANJANG, Angka SEMBUH Covid19 Terus MELAJU

“Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada Kementerian Kesehatan yang telah mendukung keberadaan PCI ini dengan bantuan pengadaan peralatan medis dan menetapkan RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes sebagai Rumah Sakit Pusat Rujukan Pelayanan Jantung Regional NTT”, ungkapnya

Dalam sambutannya Ayodhia mengatakan penyakit jantung merupakan penyebab kematian tertinggi kedua di Indonesia.

Seiring perkembangan pola hidup yang tidak sehat, penyakit ini dapat menyerang siapa saja dari berbagai golongan usia. Baik anak muda maupun orang lanjut usia.

Baca Juga :  Satpol PP NTT Lakukan Operasi Terpadu Prokes Covid-19

Namun bagi penderita penyakit jantung dari NTT, anda jangan kuatir. Karena peralatan kesehatan khusus bagi penderita jantung sudah ada di NTT.

Kita tidak perlu lagi buang-buang biaya untuk berobat jauh-jauh di luar NTT. Karena saat ini telah hadir peralatan canggih kesehatan berupa Kateterisasi Jantung (Biplane) di RSUD. Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang.

Selain fasilitas yang canggih juga tersedia tenaga dokter ahli khusus penyakit jantung.

Demikian Pj. Gubernur NTT, Ayodhia saat melaunching alat kesehatan Kateterisasi Jantung bertempat di RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang, Sabtu 09 Maret 2024.

Baca Juga :  JUMLAH Kasus COVID19 di KOTA Kupang Terus MELOROT

Menurut dia, di Provinsi NTT sendiri kasus penyakit jantung tergolong tinggi. Tercatat kasus di RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang pada tahun 2023, sebanyak 248 kasus penyakit Syndrom Coronaria Acute. Dan ini membutuhkan tindakan kateterisasi disamping penyakit jantung lainnya.

Angka ini tentunya akan menjadi jauh lebih besar jika diakumulasi dengan kasus-kasus serupa yang terjadi pada seluruh Rumah Sakit di seluruh NTT.

Oleh karena itu dibutuhkan tindakan penanganan penyakit jantung yang khusus dan komprehensif.

Sumber: Siaran Pers
Disclaimer: Artikel Ini Merupakan Kerja Sama CitraNews.Com Dengan Katerisasi Jantung, Instalasi Gawat Darurat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Katerisasi Jantung, Instalasi Gawat Darurat.